Sabtu, 19 Juni 2021 11:02

​New Normal, 14 Destinasi Wisata di Trenggalek Resmi Dibuka untuk Pengunjung

Jumat, 10 Juli 2020 15:36 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
​New Normal, 14 Destinasi Wisata di Trenggalek Resmi Dibuka untuk Pengunjung
Bupati Trenggalek, Moh. Nur Arifin saat membuka peresmian 14 Destinasi Wisata New Normal di Kawasan Wisata Putri Maron, Trenggalek (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek secara resmi me-launching 14 tempat destinasi wisata di masa New Normal. Launching destinasi wisata tersebut disampaikan oleh Bupati Trenggalek, Moh. Nur Arifin di Kawasan Wisata Putri Maron di Desa Depok Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jumat (10/7/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Arifin menegaskan saat ini Pemkab Trenggalek hanya membuka kembali 14 tempat wisata. 

"Ketika sekarang launching, bukan berarti semua langsung dibuka. Jadi belum semua dibuka. Menurut laporan kepala dinas tadi, ada 14. Jadi membukanya ini sesuai kesiapan masyarakat dan pelaku jasa wisatanya," ujar Bupati Arifin.

Kendati telah resmi dibuka, 14 tempat wisata di Kabupaten Trenggalek tersebut hanya boleh dikunjungi oleh wisatawan lokal Trenggalek.

BACA JUGA : 

Tanpa Agunan, 228 Petani Porang di Trenggalek Terima Modal Rp 5,7 Miliar dari BNI

Teken MoU, Pemkab dan Kejari Trenggalek Jalin Kerja Sama di Bidang Hukum Perdata dan TUN

Sukseskan Program Jatim Bebas Pasung, Pemkab Trenggalek Bebaskan 12 ODGJ dari Pasungan

MoU dengan 7 Perusahaan, FBKK Wilayah Kerja 3 Jamin Siswa Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja

"Untuk luar kota Trenggalek, luar negeri, dan sebagainya, saya minta masing-masing pemangku jasa wisata ini punya platform online yang bisa dipesan secara online, sehingga bisa memastikan siapa yang datang, asalnya dari mana, dan bagaimana status kesehatannya," tegasnya.

Bupati Arifin mengharapkan, dengan adanya platform online di masing-masing tempat wisata tersebut, maka penerapan physical distancing dan protokol kesehatan bisa berjalan efektif.

Di akhir sambutannya, Bupati Arifin berpesan agar tidak sampai ada klaster penyebaran Covid-19 di tempat wisata. Ia mewanti-wanti agar pengelola wisata menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Saya benar-benar berharap jangan sampai tempat destinasi wisata menjadi klaster penyebaran baru," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menyampaikan bahwa agenda pembukaan launching destinasi wisata ini bertujuan untuk kembali menggairahkan ekonomi pada sektor pariwisata di Kabupaten Trenggalek.

Dia juga menyampaikan, rencana awal sebenarnya ada sebanyak 22 tempat wisata yang akan di-launching. Namun setelah dilakukan verifikasi yang melibatkan Gugus Tugas Covid-19 di tingkat desa maupun kecamatan, hanya ada 14 destinasi wisata yang siap dibuka.

"Dari 22 destinasi yang kita verifikasi kemarin, jumlah yang terverifikasi dan memenuhi persyaratan untuk segera dibuka ada 14 destinasi," paparnya.

Sunyoto juga berharap ada pendampingan dari satgas tingkat desa dan kecamatan untuk terlibat secara proaktif ketika 14 wisata tersebut kembali beroperasi.

"Terkait pembukaan destinasi wisata ini, bisa bertambah jumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi atau bahkan mungkin bisa pula berkurang nantinya. Tapi apabila ada destinasi yang nanti ke depan kita evaluasi protokol kesehatannya menurun, ini nanti perlu kita ingatkan kembali. Tapi kalau tetap belum bisa melaksanakan (protokol kesehatan secara ketat), mungkin juga akan ditutup kembali," tegasnya.

Berikut 14 destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan lokal, yakni Putri Maron, Wisata Tebing Linggo, Bukit Tunggangan, Kampung Toga, Desa Wisata Durensari, Pantai Mutiara, Hutan Mangrove, Gua Ngerit, Banyu Lumut, Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Gua Lowo, Pantai Pelang, dan Hutan Kota Trenggalek. (man/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Gapoktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Gelar Pertemuan, Anggota Gapoktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua, Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 18 Juni 2021 10:01 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...