Jumat, 07 Agustus 2020 22:33

Dikejar-kejar Leasing, Warga Krembung Malah Gadaikan Mobil Kredit untuk Bayar Cicilan

Sabtu, 11 Juli 2020 19:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Dikejar-kejar Leasing, Warga Krembung Malah Gadaikan Mobil Kredit untuk Bayar Cicilan
Tersangka diamankan di Mapolsek Krembung.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unit Reskrim Polsek Krembung mengamankan Achmad Mustofa Anwaruddin (34), warga Dusun Kedungbendo Desa Kedungrawan Kecamatan Krembung. Ia ditangkap setelah nekat menggadaikan mobil pick up miliknya yang masih belum lunas. Langkah tersebut ditempuh demi mendapatkan uang untuk mencicil pembayaran kendaraan.

Cara licik Achmad tersebut dilakukan sejak September tahun lalu. Kala itu, dia dikejar-kejar pihak leasing. Pasalnya, pembayaran mobilnya sudah jatuh tempo. Satu bulan tak dibayar. Namun, tak kunjung diangsur. "Saya tak punya uang. Pesanan pengiriman barang sepi," paparnya.

Di saat terhimpit keadaan, ide tiba-tiba muncul. Dia hendak menggadaikan mobil anyar itu. Tentu tujuannya untuk mendapatkan uang. "Saya butuh uang Rp 15 juta untuk membayar cicilan," jelasnya.

Setelah rencana disusun rapi, warga Desa Kedungrawan, Krembung itu berangkat menuju pegadaian. Lokasinya di Sidoarjo. Achmad meyakinkan pihak pegadaian bahwa mobilnya tak bermasalah. Agar lebih meyakinkan, dia membawa serta surat-surat kendaraan beserta KTP.

Pihak pegadaian lantas melakukan pengecekan. Petugas memastikan tidak masalah. Sejurus kemudian, Achmad mendapatkan uang Rp 15 juta. Dia pulang dengan tersenyum.

Uang itu tidak bertahan lama di dompetnya. Selang satu hari, dia melunasi cicilan kedua. Uang pegadaian dipakai membayar angsuran. Achmad lega.

Nah, pada bulan berikutnya, masalah kembali datang. Kondisinya sama. Achmad tidak mampu membayar cicilan ketiga. Dia berjanji secepatnya melunasi angsuran.

Namun, hingga angsuran keempat sampai kelima, janji Achmad tak terealisasi. Pihak leasing pun tak bisa lagi bersabar. Achmad mendapatkan surat teguran. Isinya diminta segera melakukan pelunasan.

Tiga kali surat dilayangkan, namun masih saja sama. Pembayaran angsuran tetap seret. Pihak leasing akhirnya bersikap tegas. Hendak mengambil unit kendaraan tersebut.

Achmad sudah mengantisipasi hal itu. Dia ambil langkah seribu. Kabur dari rumahnya. Pihak leasing kehilangan jejak.

Sembari mencari Achmad, pemberi kredit melacak keterangan dari pihak keluarga. Hasilnya, Achmad ternyata pernah mengajukan kredit ke Pegadaian. Leasing pun segera berkoordinasi dengan Pegadaian.

Kapolsek Krembung AKP Purwanto mengatakan, Pegadaian datang ke Polsek. Melaporkan tindakan Achmad. "Karena merasa telah dirugikan," jelasnya.

Petugas lantas turun memburu keberadaan Achmad. Sejumlah saksi dan keluarga dimintai keterangan. Hasilnya, keberadaan pelaku tak jauh. "Infonya kabur ke Mojokerto," terangnya.

Tim Reskrim Polsek Krembung bergerak melakukan penangkapan. Setelah dipantau tiga hari, petugas melihat keberadaan Achmad. Kala itu dia hendak kembali ke rumahnya di Krembung. "Saat di rumah, kami tangkap," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, Achmad mengakui perbuatannya. Dia melakukan penggelapan. Polisi terus melakukan pendalaman. "Pelaku kami tahan," pungkasnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...