Rabu, 30 September 2020 23:05

​Komisi B Minta Satgas Pangan Jatim Jamin Ketersediaan Stok Pangan Hingga Akhir 2020

Rabu, 15 Juli 2020 21:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Komisi B Minta Satgas Pangan Jatim Jamin Ketersediaan Stok Pangan Hingga Akhir 2020
dr. Agung Mulyono (tengah), Anggota Komisi B DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga reda serta bencana kekeringan yang berdampak pada menurunnya hasil pertanian, membuat khawatir Komisi B DPRD Jatim. 

Untuk itu dalam rapat kerja dengan Satgas Pangan beberapa waktu lalu, Komisi B minta Satgas Pangan bisa menjamin ketersediaan stok pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun 2020.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Agung Mulyono menegaskan, masalah pangan menjadi unsur strategis yang harus dipenuhi oleh pemerintah, terlebih di masa pandemi Corona dan ancaman kekeringan. Karenanya dalam pertemuan dengan satgas pangan, Komisi B ingin mengetahui stabilitas harga, tata niaga, dan ketersediaan pangan di Jatim.

"Ketersediaan pangan untuk rakyat sangatlah penting hingga akhir tahun. Karena hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan dilindungi oleh UU. Karena itu, pertemuan ini sangat penting untuk memastikan ketersediaan pangan di Jatim hingga akhir tahun 2020 masih tercukupi," tegas politikus dari Demokrat itu, Rabu (15/7).

Di sisi lain, pihaknya megimbau Kepala Dinas Pertanian fokus pada ketersediaan pangan hingga akhir tahun. Menurut Agung, ada beberapa sektor yang rentan terdampak pagebluk (wabah). Di antaranya sektor pekerjaan karena banyaknya pengangguran akibat berhentinya kegiatan ekonomi, sektor ketersediaan pangan, dan sektor ketahanan kesehatan.

Ketika ketiga sektor itu tidak bisa dikelola dengan baik, kata Agung, akan berpengaruh pada ketahanan pangan dan kedaulatan negara secara keseluruhan.

“Karena itu semua elemen perlu bekerja sama secara serius melawan ancaman pandemi agar ketahanan pangan tetap terjaga,” ungkap alumni Fakultas Kedokteran Unair ini.

Di samping itu, ketaatan protokol kesehatan sangat penting untuk tetap diterapkan. Hal ini mengingat penerapan new normal telah dipersiapkan. “Jadi, ketaatan protokol kesehatan sangat perlu dilakukan oleh semua masyarakat," pungkas pria asal Banyuwangi itu. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...