Terenyuh Melihat Siswa Sering Turun Gunung untuk Belajar Daring, Kapolsek Puncu Beri Wifi Gratis

Terenyuh Melihat Siswa Sering Turun Gunung untuk Belajar Daring, Kapolsek Puncu Beri Wifi Gratis Kapolsek Puncu, AKP Bowo Wicaksono saat membimbing anak-anak menggunakan internet di Mapolsek Puncu. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Awalnya, saat berpatroli rutin di daerah Damarwulan, Lereng Gunung Kelud, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Kapolsek Puncu, AKP Bowo Wicaksono dan anggota berpapasan dengan seorang bapak yang membonceng anaknya. Tidak hanya sekali, tapi sudah beberapa kali berpapasan.

Penasaran dengan apa yang dilihat, AKP Bowo Wicaksono lalu bertanya kepada salah seorang warga. Jawaban warga itu, ternyata sangat mengusik hatinya.

"Ketika itu, saya bertanya kenapa sering turun, katanya mau pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas sekolah anaknya," ujar AKP Bowo Wicaksono kepada BANGSAONLINE.com di Mapolsek Puncu, Selasa (28/7/2020).

Diakui oleh AKP Bowo, kendala belajar di rumah saat pandemi Covid-19 bagi pelajar adalah masalah akses internet. Lingkungan Damarwulan, sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat Ibu Kota Kecamatan Puncu. Tapi karena Damarwulan itu terletak di tengah-tengah perkebunan di Lereng Gunung Kelud, sehingga sinyal internet menjadi sulit. Jalan satu-satunya adalah harus pergi ke warnet dan tentunya harus membayar.

Mendengar cerita itu, pihaknya lalu berinisiatif untuk memfasilitasi anak-anak itu untuk menggunakan internet secara gratis di Mapolsek Puncu. Anak-anak bisa datang sendiri ataupun diantar orang tuanya

"Tapi memang tidak banyak, maksimal 10 anak saja. Karena bila banyak anak yang menggunalan internet di sini (Mapolsek Puncu), justru menyalahi anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. Anak-anak yang datang ke polsek pun, juga wajib pakai masker dan cuci tangan," tambah AKP Bowo.

Masih menurut AKP Bowo, anak-anak tidak hanya boleh menggunakan internet gratis saja, tapi bila ingin mengeprint tugas-tugas sekolah, dipersilakan menggunakan fasilitas milik Polsek Puncu.

"Kami hanya ingin sedikit membantu meringankan beban orang tua anak-anak itu di tengah pandemi ini. Semoga pandemi ini segera berakhir, agar anak-anak bisa bersekolah seperti biasanya, sehingga orang tua mereka tidak mengeluarkan uang ekstra untuk membeli paket internet," pungkas mantan Kasubbag Humas Polres Kediri itu.

Sementara itu, Fitria Choirunisa, Siswi Kelas 10 SMA Negeri Puncu, mengaku senang dengan fasilitas internet gratis yang diberikan oleh Polsek Puncu ini.

"Dengan fasilitas internet gratis yang diberikan oleh bapak polisi ini, tentu akan mengurangi beban orang tua kami. Terima kasih Pak Polisi," ujar Nisa. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO