Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina

Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina Seorang pejabat haji membakar dupa di Masjidil Haram Makkah. (foto: Reuters)

BANGSAONLINE.com – Sekitar 1.000 jemaah berkumpul di Mina, di luar Makkah, dan memulai pelaksanaan tahun ini.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal . Tidak ada ritual besar, jemaah di Mina hanya berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada hari Kamis.

Mina, 7 km Timur Laut dari Masjidil Haram di Makkah, tahun lalu dipadati 2,5 juta jemaah . Namun, kali ini berkurang drastis.

Adapun mereka yang ber tahun ini, sebelumnya telah dikarantina dulu. Begitu tiba di Makkah, semua barang bawaan mereka juga disemprotkan disinfektan.

Otoritas sendiri telah menutup Kabah. Jemaah tidak diizinkan menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi. Mereka juga telah mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling, dan ambulans untuk merawat para peziarah yang akan diminta untuk mengenakan topeng dan menjaga jarak sosial.

Mereka diberi perlengkapan kenyamanan. Antara lain kerikil yang sudah disterilkan untuk ritual lempar Jamarat, disinfektan, masker, sajadah dan ihram, pakaian putih mulus yang dikenakan oleh para peziarah.

Pada Kamis besok, para peziarah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak . Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual tempat Jamarat.

Zelkin, seorang peziarah Azerbaijan yang tinggal dan bekerja di Jubail, mengatakan: "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas kesempatan ini pada saat yang sulit. Saya tahu sangat sulit ketika ada penyakit coronavirus di mana-mana, untuk membuat pengaturan semacam ini dalam waktu yang singkat."

"Aku tidak percaya ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ini bukan keberuntunganku, ini kehendak Allah dan aku mengikuti kehendak-Nya."

Sumber: arabnews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO