Jumat, 30 Oktober 2020 21:30

Lakukan Simulasi, Polresta Sidoarjo Gelar Perkara Peristiwa Kecelakaan Kijang LGX vs KA Sri Tanjung

Rabu, 19 Agustus 2020 20:32 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Lakukan Simulasi, Polresta Sidoarjo Gelar Perkara Peristiwa Kecelakaan Kijang LGX vs KA Sri Tanjung
Simulasi kecelakaan antara Kijang LGX dengan KA Sri Tanjung. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tidak ditutupnya palang pintu perlintasan, diduga menjadi penyebab utama kecelakaan hingga menewaskan empat orang di perlintasan kereta api (KA) Gilang, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Di lokasi memang ada palang pintu. Dan saat kereta hendak melintas, palang pintu tidak ditutup. Padahal, di sana juga ada petugas yang berjaga di pos perlintasan. Ketika kereta api hendak melintas juga sudah membunyikan bel. Tapi karena palang pintu terbuka, mobil itu melintas dan akhirnya tertabrak kereta.

Hal itu terungkap dalam gelar perkara yang digelar penyidik Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo bersama Dishub Sidoarjo, Rabu (19/8/2020).

"Gelar perkara dilakukan untuk menguatkan data dan fakta hasil olah TKP, serta keterangan beberapa saksi. Dan sekarang perkara itu sudah dinaikkan statusnya, dari penyelidikan menjadi penyidikan," ujar Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistyono.

Dia tidak menyebut apakah sudah ada tersangka dalam peristiwa ini. Namun, hanya disampaikan bahwa semua pihak dalam gelar perkara itu sepakat telah terjadi kelalaian hingga mengakibatkan kecelakaan itu.

"Kesimpulannya itu, ada kelalaian dalam peristiwa ini. Selanjutnya, penyidikan bakal dilakukan dengan memintai keterangan sejumlah saksi," urainya.

Dalam gelar perkara, selain meminta pendapat dishub terkait protap penjagaan perlintasan, paparan hasil olah TKP, dan keterangan para saksi, juga dilakukan simulasi.

Kereta dan mobil digantikan mainan, lalu lokasi digambar pakai poster besar. Dengan simulasi itu, petugas bisa menguatkan hasil olah TKP dan keterangan beberapa saksi terkait peristiwa tersebut.

Senin sekira pukul 13.00 WIB, mobil melaju dari selatan. Palang pintu perlintasan terbuka, sehingga Kijang LGX bernopol L 1197 KA melintasi perlintasan kereta api tersebut.

Sementara dari barat, melaju Kereta Api Sri Tanjung jurusan Yogyakarta-Surabaya dengan kecepatan tinggi. Sekitar 100 meter sebelum perlintasan, kereta sudah membunyikan belnya.

Pas di perlintasan, mobil yang ditumpangi enam orang warga Jojoran, Gubeng, Surabaya itu pun tertabrak bagian kiri belakang. Saking kencangnya, mobil sampai terpental sekira 27 meter.

Mobil pun hancur. Tiga orang tewas di lokasi kejadian, sopir Mahendra Wicaksono (39), istrinya Nina Pramudianasari (38), dan anaknya bernama Azam yang berusia 4 tahun.

Dua korban luka, Abizal (3) dan Ardian (8) dilarikan ke RS Siti Khodijah. Senin (17/8/2020) sore, Abizal mengembuskan napas terakhirnya dalam perawatan di rumah sakit, sementara Ardian masih menjalani perawatan. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...