Jumat, 30 Oktober 2020 08:51

​Dua Cakada Positif Covid-19, KPU Diminta Transparan

Rabu, 09 September 2020 20:26 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Dua Cakada Positif Covid-19, KPU Diminta Transparan
Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif ARCI. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua calon kepala daerah (cakada) di Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19, masing-masing di Surabaya dan Sidoarjo. Status positif itu didapat setelah keduanya menjalani uji usap atau swab.

Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pilkada diminta transparan. Pernyataan itu disampaikan pengamat politik dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siradj.

"Saya minta KPU transparan, buka saja identitas calon yang positif Covid-19 tersebut. Covid-19 ini kan wabah, bukan aib. Tak perlu ditutupi, apalagi mereka calon pejabat publik. Jadi harus jujur sejak awal," ujar Baihaki, Rabu (9/9/2020).

Baihaki mengungkapkan dengan membuka identitas calon yang positif Covid-19, maka masyarakat bisa waspada. Dengan begitu, potensi penularan yang meluas bisa dihindari.

Ia melanjutkan, KPU sebagai penyelenggara pilkada punya tanggung jawab untuk menjaga keselamatan masyarakat yang notabene calon pemilih. Apalagi sejak awal disadari pilkada ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

"KPU punya tanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat. Apalagi pilkada ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Jangan sampai pilkada menjadi klaster baru penularan Covid-19," imbuh Baihaki.

Terpisah, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menjelaskan, pihaknya berkomitmen menjaga agar pilkada ini berjalan dengan aman. Karena itu protokol kesehatan harus ditegakkan dalam setiap tahapan pilkada.

Karena itu, KPU mengusulkan adanya satgas Covid-19 atau semacam gugus tugas untuk menegakkan protokol kesehatan. Terkait hal itu, Anam mengaku sudah mendiskusikannya bersama Kapolda dan Pangdam.

"Nantinya biar gugus tugas atau satgas Covid-19 itu dibentuk oleh masing-masing calon, sehingga mereka menegakkan protokol kesehatan di internal mereka sendiri. Ini masih wacana tapi akan kami tindak lanjuti kepada masing-masing calon," pungkas Anam.

Sebelumnya, KPU Sidoarjo dan KPU Surabaya mengakui ada calon kepala daerah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun kedua lembaga itu menolak membuka identitas calon kepala daerah tersebut. KPU hanya meminta yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...