Bupati Sambari Resmikan Gardu Suling Hibah PJB, Bisa Jadi Pengingat Salat 5 Waktu

Bupati Sambari Resmikan Gardu Suling Hibah PJB, Bisa Jadi Pengingat Salat 5 Waktu Bupati Sambari bersama pejabat Forkopimda dan perwakilan PJB ketika meresmikan Monumen Garling. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto meresmikan landmark berbentuk Monumen Gardu Suling (Garling) yang letaknya ada di perempatan antara Jalan Panglima Sudirman, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan, dan Jalan Malik Ibrahim, Selasa (22/9/2020).

Bupati didampingi Pejabat Forkopimda meresmikan monumen Garling ini dengan menekan tombol. Saat tombol ditekan, terdengarlah suara raungan sangat keras dari Gardu Suling tersebut yang memekakkan telinga. 

Gardu suling tersebut merupakan hibah dari PT Unit Pembangkitan Gresik yang dipersembahkan untuk Kabupaten Gresik.

Grand Manager , Ompang Reski Hasibuan, berharap Monumen Garling dari PT bisa berkembang seiring perkembangan Kabupaten Gresik. "Kami berharap persembahan ini bisa dikenang sepanjang masa sampai anak cucu kita. Jangan dilihat seberapa besar nilai dan harganya, tapi lihatlah dari niat kami untuk memberikan sesuatu kepada Kabupaten Gresik," katanya.

Bupati menjelaskan bahwa gardu suling yang asli berada di pertigaan Jalan Raden Santri, Jalan HOS Cokroaminoto, dan Jalan Basuki Rahmat. "Saya masih ingat saat antara tahun 1965 sampai 1972 gardu ini berbunyi berfungsi untuk menandai waktu berbuka puasa. Saat itu saya masih kecil, dan saya melihat masyarakat sangat merasakan sekali manfaat dari bunyi suling tersebut sebagai tanda berbuka puasa," kenangnya. 

"Gardu suling ini saya hadirkan di tempat ini dengan bantuan pengeras suara yang akan mengarah ke 4 mata angin, sehingga bisa didengar oleh masyarakat yang lebih luas di Gresik," imbuhnya.

Bupati menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu persetujuan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik serta pihak Masjid Jami’ Gresik. "Kalau disetujui, gardu suling ini akan berbunyi pada saat masuk waktu sholat. Durasi bunyi suling ini hanya 30 detik," pungkasnya. (hud/ian)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO