​Tak Bebani Pusat, Mensos Puji Penanganan Berbagai Bansos di Surabaya

​Tak Bebani Pusat, Mensos Puji Penanganan Berbagai Bansos di Surabaya Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara saat menerima cinderamata dari Wali Kota Risma. (foto: YUDI A/ BANGSAONLINE).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P. Batubara memuji penanganan berbagai bantuan sosial (bansos) yang ada di Kota Surabaya. Baik itu penyaluran bansos berupa PKH (Program Keluarga Harapan), BSB (Bantuan Sosial Beras), maupun BST (Bantuan Sosial Tunai).

Hal itu tentunya tak lepas dari sosok Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini beserta dukungan dari jajaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. “Bisa dibilang Wali Kota Risma itu top 3 kepala daerah yang terbaik,” kata Mensos Juliari saat bertemu Wali Kota Risma di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Jalan Sedap Malam Surabaya, Rabu (7/10/2020) sore.

Menurut Mensos, di tengah pandemi Covid-19, banyak pemerintah daerah yang menggantungkan semua bantuan ke pemerintah pusat. Namun, hal itu justru berbeda dengan Kota Surabaya. “Jadi tidak sedikit-sedikit urusan ke pemerintah pusat. Bisa ditanggung sendiri, bisa di-handle sendiri dengan segala sumber daya yang dimiliki Kota Surabaya,” ungkapnya.

Akan tetapi, kata Mensos, untuk menjadi kepala daerah yang berhasil dan sukses seperti Wali Kota Risma ini, tidak bisa dalam semalam langsung jadi. Sebab, hal ini tentu membutuhkan proses yang panjang. “Kesuksesan Wali Kota Risma ini dapat menjadi inspirasi bagi kepala daerah lain,” pesannya.

Dalam pertemuan itu, Mensos juga berpesan kepada para pendamping PKH yang hadir di rumah dinas wali kota agar terus bersemangat dalam melayani masyarakat. Bagi dia, pendamping adalah ujung tombak dalam menyukseskan setiap program bansos yang ada di Kementerian Sosial ().

“Ini tidak akan bisa berhasil kalau bukan karena kalian semua, bukan karena menterinya. Kami ini pada tataran konsep, tapi yang mengeksekusi kalian semua, di lapangan kalian semua. Oleh karena itu SDM PKH itu penting,” pesannya.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO