Dukung Swasembada Pangan, Kodim Bojonegoro Tanam Cabai di Lahan Kosong

BOJONEGORO (BangsaOnline) - Sebagai upaya untuk mendukung dan meningkatkan di wilayah Kota Ledre, Kodim 0813 Bojonegoro kini getol melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian. 

Menanam cabai misalnya, puluhan anggota kodim Bojonegoro dibantu Muspika, anggota Polsek dan Koramil melakukan tanam cabai di lahan kosong yang sudah lama tak ditanami pemiliknya Kasdun (45), tepatnya di Desa Prigi Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Kurang lebih 500 pohon cabai ditanama di lahan seluas 1.5 hektare (ha).

"Ini adalah salah satu bentuk mendukung di Bojonegoro, selain pada sektor pertanian padi, kita juga bergerak dibidang pertanian cabai, jagung dan kedelai," ungkap Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Arhanud Sjahrir Rijadi usai memimpin tanam cabai, Selasa pagi (3/2/2015).

Menurut Sjahrir, selain di Desa Prigi Kecamatan Kanor tersebut, pihaknya juga akan melakukan pemanfaatan lahan kosong yang tidak ditanami oleh pemiliknya di seluruh kecamatan maupun desa di Bojonegoro untuk ditanami pertanian baik padi, cabai maupun kedelai.

"Kita sesuaikan lahannya, jika tepat ditanami padi akan kita tanami padi. Yang jelas setelah ada MoU (Memorandum of Understanding) antara Kodim dengan Dinas Pertanian beberapa waktu kita upayakan lebih giat mendukung swasembada bersama para petani," tandasnya.

Ditambahkan, usai dilakukan penanaman 500 pohon cabai di Desa Prigi tersebut diharapkan dapat mendokrak perekonomian warga sekitar, misalnya memperkejakan warga untuk melakukan perawatan dan pemanenan. Sementara hasil panen cabainya nanti akan masuk menjadi uang kas desa separo, sisanya untuk pemilik lahan.

"Untuk pengawasannya kita serahkan kepada Babinsa, Koramil dan Kepala Desa," pungkasnya.

Terpisah, Camat Kanor Subiyono mendukung langkah Kodim 0813 Bojonegoro yang telah melakukan penanaman cabai di lahan kosong di wilayahnya tersebut. Ia juga bersedia mencarikan lahan yang kosong lagi jika TNI membutuhkan lahan untuk ditanami berbagai jenis tanaman.

"Kita tentu sangat mendukung apa yang telah dilakukan Kodim, mudah-mudahan tidak berhenti sampai disini, sehingga tercapai dan tentunya para petani dapat sejahtera," ujarnya.

Sementara itu tampak dalam penanaman cabai tadi, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Ahmad Djupari, Camat Kanor Subiyono, Kapolsek Kanor AKP Mashadi dan seluruh Muspika serta perangkat Desa setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO