Peringati Hari Pahlawan, Seniman Jombang Lukis Pahlawan Bermasker

Peringati Hari Pahlawan, Seniman Jombang Lukis Pahlawan Bermasker Salah satu lukisan pahlawan dengan mengenakan masker karya seniman Jombang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peringatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di masa pandemi Covid-19, para seniman Jombang membuat tokoh pahlawan dengan memakai masker.

Bertempat di alun-alun kota setempat, sekitar 30 pelukis yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Jombang (KopiJo) dan Komunitas Seni Arek Jombang (Kosajo), membuat sesuai tema yang jatuh tiap 10 November.

Salah satu pelukis, Sugeng Hartodi mengungkapkan, sengaja dirinya menambahkan masker dalam nya, sebab saat ini masa pandemi. Menurutnya, perang yang terjadi saat ini sebenarnya sama beratnya dengan zaman penjajahan dahulu. Hanya saja, bedanya kini masyarakat di seluruh dunia tengah berjuang mati-matian melawan ganasnya Covid-19.

Lukisan Pahlawan bermasker ini juga sebagai upaya memberikan imbauan kepada masyarakat agar senantiasa tertib mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan memakai masker.

“Jadi ini gambarannya, kita tetap berjuang melawan Covid-19. Kalau dulu para pahlawan melawan sekutu atau penjajah, tapi kini kita melawan virus corona. Dan ini tidak hanya di Indonesia, tapi semua masyarakat di dunia,” ujar Sugeng.

“Dulu musuh kita (penjajah) terlihat, tapi saat ini musuh kita tak terlihat dan harus diperangi bersama-sama,” imbuhnya.

Dengan menggunakan media kanvas serta kertas dan cat berbahan cat air, para seniman tersebut nampak sibuk dengan karya mereka masing-masing. Selain Pahlawan, adapula obyek lain, seperti gambar dua ikan dan masker yang mempunyai makna cukup dalam.

“Ada dua ikan, ikan kecil, dan besar, di sampingnya masker. Maknanya, semua masyarakat baik kalangan atas maupun masyarakat biasa agar menghilangkan perbedaan dan bersama-sama berjuang melawan wabah Covid-19 ini. Dan berharap, pandemi yang sudah sekitar 7 bulan melanda ini segera berakhir.,” pungkas Todi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO