Kamis, 15 April 2021 00:26

Gowes Marak di Masa Pandemi, Pemkot Latih 50 Pemuda Kota Kediri Jadi Montir Sepeda Ontel

Kamis, 12 November 2020 09:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Gowes Marak di Masa Pandemi, Pemkot Latih 50 Pemuda Kota Kediri Jadi Montir Sepeda Ontel
Peserta pelatihan saat mempraktikkan cara memperbaiki sepeda. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebetulnya pengendara sepeda selalu ada meski sudah banyak kendaraan bermotor. Apalagi, sepeda bukan sekadar alat transportasi, tapi juga hobi. Pada masa pandemi Covid-19 ini, penghobi sepeda justru meningkat. Jika ada pengendara sepeda, di sana ada peluang bengkel sepeda.

Melihat peluang itu, Pemkot Kediri melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) memberi pelatihan bengkel sepeda kepada 50 peserta.

“Kami membekali keterampilan kepada sebanyak-banyaknya pencaker di Kota Kediri agar bisa mandiri, punya bekal mencari kerja atau malah bisa membuka peluang kerja,” kata Bagus Alit, Plt. Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Rabu (11/11/2020).

Bertempat di LPK Decca Comp & Tecnic dan SMA Al Anwar Kediri, sejumlah 50 orang perserta mengikuti pelatihan bengkel sepeda ontel. Pembukaannya pada Rabu (11/11/2020) hingga 20 hari ke depan.

BACA JUGA : 

Rakor PPKM Mikro, Wali Kota Kediri Paparkan Langkah Strategis Penanganan Covid-19

Puluhan Sopir Angkot di Kediri Kembali Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

Wali Kota Kediri Imbau Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadan dan Idulfitri Patuhi Prokes

Fokuskan Vaksinasi Pada Pekerja Publik, Pemkot Kediri Sasar Tiga Mall di Kota Kediri

Bertempat di LPK Decca Comp & Tecnic dan SMA Al Anwar Kediri, sejumlah 50 orang perserta mengikuti pelatihan bengkel sepeda ontel. Pembukaannya pada Rabu (11/11/2020) hingga 20 hari ke depan.

Sementara itu, Basuki, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (PTK) Dinkop UMTK Kota Kediri, menambahkan bahwa pendaftaran pelatihan ini dilakukan melalui online. Formulir yang masuk 170 pendaftar. Setelah diseleksi, yang lolos 50 orang ini.

“Rencananya, peserta yang terbaik nanti akan diikutkan ke pelatihan perusahaan sepeda terkenal,” kata Basuki.

Peserta rata-rata memang punya ketertarikan dengan sepeda, khususnya sepeda ontel. Rata-rata mereka sebetulnya sudah bisa secara autodidak. Namun ada keinginan untuk meningkatkan kemampuannya.

“Saya sekarang pengangguran. Tadinya sebelum pandemi, saya kerja di toko buku, kemudian di-PHK. Jadi ikut pelatihan ini, harapannya ya bisa punya keterampilan, buka bengkel mungkin,” kata Marta (26 tahun), salah satu peserta dari Ngronggo, Kecamatan Kota.

Hal senada juga disampaikan oleh Wildan (25 tahun), warga Bandar Kidul. Kesehariannya ia menjadi Satpam dan juga suka fotografi. Tapi ingin meningkatkan kemampuan dan minat pada bengkel sepeda. Harapannya bisa meningkatkan kemampuan dalam hal sepeda dan juga cara memodifkasinya.

Selain pelatihan montir sepeda, dalam waktu bersamaan Dinkop UMTK juga menggelar pelatihan tata boga, menjahit, bordir, make up, dan meracik kopi (barista). (uji/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...