Minggu, 17 Januari 2021 10:12

Gelar Temu Wicara, Kepala BPTP Jatim: Lanina, Petani Lamongan Tak Perlu Khawatir Berlebihan

Kamis, 26 November 2020 21:43 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Gelar Temu Wicara, Kepala BPTP Jatim: Lanina, Petani Lamongan Tak Perlu Khawatir Berlebihan
Bupati Fadeli saat memberikan bantuan kepada kelompok tani. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur Catur Hermanto mengingatkan fenomena anomali iklim Lanina pada petani Lamongan. Hal tersebut disampaikannya saat Temu Wicara Kontak Tani Tingkat Kabupaten Lamongan di Pendopo Lokatantra, Kamis (26/11/2020).

"Anomali iklim Lanina berdampak pada musim di Jawa Timur. Awal musim hujan tahun 2020/2021 diperkirakan awal November, namun telah dijumpai banyak hujan menjelang masuk musim hujan. Curah hujan di atas normal dengan intensitas yang tinggi dan deret hujan yang lebih panjang akan berpotensi bencana hidrometeorologi, namun tidak usah khawatir berlebihan," ungkap Catur Hermanto.

Catur Hermanto dalam kesempatan yang sama juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lamongan atas perhatiannya yang sangat besar terhadap bidang pertanian.

"Lamongan ini luar biasa, perhatiannya pada bidang pertanian sangatlah besar. Produktivitas padi nasional saja baru 5,35 ton per hektare, di Lamongan sudah 7,57 ton per hektare. Apalagi jagungnya yang sudah mencapai lebih dari 9 ton per hektare," jelasnya.

Acara Temu Wicara yang mengambil tema Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian Kecamatan) Tonggak Kebangkitan Petani yang Maju, Mandiri, Modern untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, ini juga mendatangkan narasumber dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kota Batu Tata Sukmana.

Tata Sukmana menyebutkan bahwa peran kostratani sangatlah penting, yakni sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. Hal tersebut dilaksanakan guna penguatan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) berbasis informasi dan teknologi (IT).

"Di Kabupaten Lamongan terdapat lima BPP Kostratani yang sudah mendapat bantuan IT, yakni Kembangbahu, Babat, Laren, Modo, Sugio. Selanjutnya 22 BPP Kostratani disusulkan untuk mendapat bantuan peralatan IT," ungkap Tata Sukmana.

Bupati Fadeli yang hadir membuka acara tersebut mengungkapkan bahwa ini adalah momentum yang baik di tengah pandemi. Menurutnya, bidang pertanian, peternakan, dan perikananlah yang tidak terpengaruh cukup besar akibat Covid-19.

"PDRB Kabupaten Lamongan masih didominasi oleh sektor pertanian. Ini berdampak baik di masa pandemi seperti ini. Apalagi sebelumnya kita telah berusaha meningkatkan produksi tanaman pangan, yakni padi dan jagung yang produktivitasnya di atas rata-rata nasional. Namun kita tidak boleh berhenti sampai di sini. Melalui acara ini mari kita tingkatkan wawasan petani Lamongan serta meningkatkan kemampuan berorganisasi serta kelembagaan sehingga dapat melakukan berbagai inovasi di bidang pertanian," ungkap Fadeli.

Pada Temu Wicara Kontak Tani yang dihadiri oleh 150 kelompok tani se-Kabupaten Lamongan tersebut, juga diberikan bantuan yang langsung disampaikan oleh Bupati Fadeli kepada kelompok tani berupa alat pascapanen dan power thresher multiguna, asuransi usaha tani padi (AUTP) yang difasilitasi oleh PT Jasindo, benih jagung, alat perajang tembakau, dan kendaraan bermotor roda tiga. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin---Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS) Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemajuan kebud...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...