Senin, 18 Januari 2021 08:48

Jaga Kondusivitas Jelang Pilwali 2020, Pemkot Pasuruan Gelar Apel Stabilitas Wilayah

Jumat, 27 November 2020 15:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Jaga Kondusivitas Jelang Pilwali 2020, Pemkot Pasuruan Gelar Apel Stabilitas Wilayah
Pjs. Wali Kota Pasuruan Dr. Ardo Sahak., S.E., M.M. saat memimpin apel.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan menggelar apel kegiatan fasilitasi stabilitas wilayah bertempat di halaman BKD Kota Pasuruan, Jumat (27/11/2020).

Apel dibuka oleh Pjs. Wali Kota Pasuruan Dr. Ardo Sahak., S.E., M.M. Hadir dalam apel ini, yakni jajaran forkopimda, pimpinan DPRD, Pj. Sekretaris Daerah, Plt. Kepala Bakesbangpol, Kepala OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan dan Anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Pasuruan.

Dalam arahannya selaku inspektur apel, Ardo Sahak mengajak seluruh pihak tidak lengah karena pandemi Covid-19 masih terjadi. Menurutnya, apel ini merupakan langkah awal guna mengantisipasi munculnya berbagai macam konflik sosial yang mengarah pada gangguan. 

"Kita mengetahui bersama, menjelang dilaksanakannya pesta demokrasi pada 9 desember 2020 mendatang, kondisi perpolitikan di Kota Pasuruan mulai menghangat. Oleh karena itu, kewaspadaan tinggi dalam menjaga dan meningkatkan stabilitas wilayah Kota Pasuruan mutlak diperlukan," kata Ardi.

Untuk menjaga kondusivitas Kota Pasuruan, kata Ardo Sahak, diperlukan sinergitas antar instansi, aparatur pemerintah, serta dukungan penuh dari masyarakat. Dengan kamtibmas yang kondusif, diharapkan terwujud pemilihan kepala daerah yang aman, damai, dan demokratis sehingga tidak muncul gejolak yang tidak inginkan.

Terkait dengan upaya penanganan konflik sosial ini, Ardo Sahak juga menekankan upaya pencegahan dengan melibatkan semua elemen masyarakat, seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Bangun sistem peringatan dini dengan memelihara hubungan baik,intensifkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya, serta laporkan sesegera mungkin setiap persoalan yang muncul di masyarakat untuk segera mendapatkan penanganan," pesannya.

Apabila memang terjadi perselisihan, ia meminta diselesaikan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada seperti musyawarah, urun rembuk, dan sebagainya. (par/rev)

(Anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Pasuruan diberangkatkan patroli usai mengikuti apel)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...