Minggu, 24 Januari 2021 06:38

Semangat Pemuda Kampung Rayakan Hari Pahlawan Dengan Musikalisasi Hingga Gerakan Literasi

Senin, 30 November 2020 13:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Semangat Pemuda Kampung Rayakan Hari Pahlawan Dengan Musikalisasi Hingga Gerakan Literasi
Suasana acara peringatan sumpah pemuda yang digelar oleh pemuda di Dusun Sarirejo, Desa Bambe, Driyorejo. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Spirit hari pahlawan dan hari sumpah pemuda masih diperingati oleh sejumlah warga dengan beragam acara. Salah satunya di Dusun Sarirejo, Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Puluhan pemuda menggelar acara bertema "Panjang Umur Perjuangan", pada Minggu (29/11/2020) malam.

Kegiatan tersebut diinisiasi para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna setempat. Mereka mengajak seluruh elemen masyarakat di kampungnya untuk merenungkan kembali jasa para pahlawan.

"Kami ingin semua warga terlibat tanpa terkecuali, karena bulan November ini merupakan momentum penting untuk menghayati kembali jasa pahlawan yang sudah berkorban untuk tanah air," kata Ketua Karang Taruna Sarirejo, Syahrul Roziqim dengan semangat berapi-api saat sambutan di atas panggung.

Dijelaskan Syahrul, kegiatan ini berawal dari bentuk keprihatinan terhadap kondisi anak-anak muda zaman now yang mulai terseret arus globalisasi dan menggerus warisan budaya nenek moyang.

"Karena itu, kami ingin mengingatkan semuanya, termasuk para orang tua agar senantiasa melestarikan budaya kita melalui peringatan hari pahlawan yang kami inisiasi," ungkapnya.

Sebelum peringatan sumpah pemuda dimulai, sejak sore ratusan warga dari berbagai kalangan ini tumplek blek di lokasi acara. Tak hanya bapak-bapak dan ibu-ibu, para remaja hingga anak-anak pun juga larut dalam acara tersebut. Diawali dengan senam aerobik, puluhan ibu-ibu tetap semangat meski sempat diguyur hujan deras.

Selain ibu-ibu, puluhan anak-anak juga antusias mengikuti lomba mewarnai, permainan tradisional, dan pembacaan puisi "Tanah Airku". Tak kalah seru, remaja mushola (remus) setempat juga turut memeriahkan rangkaian acara itu dengan musik patrol, tari remo, pementasan drama, serta musikalisasi sebagai refleksi perjuangan pahlawan.

Sementara ketua pelaksana acara, Bagus Eka Nurfandi mengatakan, melalui acara ini pihaknya ingin mengedukasi anak-anak agar lebih rajin mengingat sejarah para pahlawan yang telah berjasa bagi segenap warga indonesia.

"Termasuk untuk para orang tua, agar tidak lupa mengedukasi anak-anaknya, bahwa jangan sekali-kali melupakan sejarah kalau ingin bangsa kita maju," ucapnya sambil mengutip narasi khas Bung Karno.

Acara ini diakhiri dengan berbagi bersama oleh RBU (Ruang Bebas Uang) Surabaya dengan membagikan puluhan kaos yang bebas dipilih anak-anak. Menariknya, di puncak acara ada sesi belajar bersama dengan Gubuk Literasi Surabaya.

"Kami juga bergerak untuk membuka cakrawala berpikir warga melalui literasi. Dan ini memang cita-cita Generasi Pemuda Inspiratif Sarirejo (G-PIS) agar semua warga kami terutama anak-anak, tidak hanya bermain medsos saja," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...