Semangat Pemuda Kampung Rayakan Hari Pahlawan Dengan Musikalisasi Hingga Gerakan Literasi

Semangat Pemuda Kampung Rayakan Hari Pahlawan Dengan Musikalisasi Hingga Gerakan Literasi Suasana acara peringatan sumpah pemuda yang digelar oleh pemuda di Dusun Sarirejo, Desa Bambe, Driyorejo. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Spirit hari pahlawan dan hari sumpah pemuda masih diperingati oleh sejumlah warga dengan beragam acara. Salah satunya di Dusun Sarirejo, Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Puluhan pemuda menggelar acara bertema "Panjang Umur Perjuangan", pada Minggu (29/11/2020) malam.

Kegiatan tersebut diinisiasi para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna setempat. Mereka mengajak seluruh elemen masyarakat di kampungnya untuk merenungkan kembali jasa para pahlawan.

"Kami ingin semua warga terlibat tanpa terkecuali, karena bulan November ini merupakan momentum penting untuk menghayati kembali jasa pahlawan yang sudah berkorban untuk tanah air," kata Ketua Karang Taruna Sarirejo, Syahrul Roziqim dengan semangat berapi-api saat sambutan di atas panggung.

Dijelaskan Syahrul, kegiatan ini berawal dari bentuk keprihatinan terhadap kondisi anak-anak muda zaman now yang mulai terseret arus globalisasi dan menggerus warisan budaya nenek moyang.

"Karena itu, kami ingin mengingatkan semuanya, termasuk para orang tua agar senantiasa melestarikan budaya kita melalui peringatan hari pahlawan yang kami inisiasi," ungkapnya.

Sebelum peringatan sumpah pemuda dimulai, sejak sore ratusan warga dari berbagai kalangan ini tumplek blek di lokasi acara. Tak hanya bapak-bapak dan ibu-ibu, para remaja hingga anak-anak pun juga larut dalam acara tersebut. Diawali dengan senam aerobik, puluhan ibu-ibu tetap semangat meski sempat diguyur hujan deras.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO