Minggu, 07 Maret 2021 09:07

Hikmah ​Pandemi Covid-19, Orang Tua Lebih Hargai Guru

Sabtu, 12 Desember 2020 21:46 WIB
Editor: Tim
Wartawan: M Didi Rosadi
Hikmah ​Pandemi Covid-19, Orang Tua Lebih Hargai Guru
DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Jawa Timur menggelar Webinar Sesi ke-3 dengan tema "Heutagogi Bagi Guru Paud di Masa Pandemi". foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, juga membawa hikmah tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya, sekolah yang saat ini dilakukan dengan daring atau online membuat para orang tua lebih memahami pentingnya dan menghargai seorang guru.

Hal tersebut dikemukakan oleh Khoiruddin Bashori, Direktur Kerja Sama Yayasan Sukma saat menjadi pembicara Webinar Sesi ke-3 dengan tema "Heutagogi Bagi Guru Paud di Masa Pandemi" yang diselenggarakan oleh DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Jawa Timur.

"Covid 19 ini juga ada hikmahnya, salah satunya bagi para orang tua lebih bisa menghargai profesi seorang guru," terang Khoiruddin Bashori, Sabtu (12/12/2020).

Menurut Khoiruddin, di masa Pandemi Covid-19, saat sekolah dilakukan secara online, para orang tua tidak semuanya bisa dengan mudah menemani anaknya belajar secara online, terutama para orang tua yang tidak memiliki latar belakang sebagai pengajar.

Sehingga kesulitan tersebut, membuat orang tua sadar tentang pentingnya keberadaan seorang guru yang mengajar anaknya di sekolah. Meski sebenarnya, tugas mendidik anak yang utama itu tugas orang tua.

Khoiruddin juga menjelaskan, dalam pendidikan sangat penting kemampuan mengapresiasi kemampuan anak, baik oleh orang tau, ataupun oleh guru. Sering kali, cara mengapreasiasi banyak dilakukan dengan memberikan penghargaan berupa benda atau material saat anak bisa menjalankan tugas atau perintah.

"Alangkah lebih baiknya, apresiasi itu juga penting berupa non material, seperti bentuk pujian atau penghargaan lain yang sifatnya mungkin lebih ke arah sosial," tandas Khoiruddin saat menjawab beberapa pertanyaan dari peserta.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Baidowi, Ketua Bidang Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPP Partai NasDem, bahwa dalam pendidikan heutagogi yang terpenting adalah kemampuan seorang guru dalam mendengarkan. Sebab, menurut dia, dengan begitu lebih memberikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan ekspresinya. Selain itu, guru juga dituntut tahu tumbuhkembangnya otak anak.

"Pendidikan PAUD ini ujung tombak dari proses pendidikan," imbuhnya.

Lilyana Phandeirot, Sekretaris DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Jatim saat dikonfirmasi usai acara menjelaskan, kegiatan yang dilakukan sudah yang ketiga kalinya. Kegiatan itu wujud nyata dari upaya Nasdem dalam memberikan edukasi pada para ibu dan guru di masa pandemi Covid 19.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar. Para peserta yang berjumlah hampir 200 orang juga terlihat antusias dalam menyimak paparan para narasumber. Apalagi dipandu dengan moderator yang memahami tentang pendidikan anak yaitu Esthi Susanti Hudiono. (mdr)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...