Minggu, 01 Agustus 2021 06:04

​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik 'Doa Tolak Bala' sebelum Proses Belajar Mengajar

Kamis, 14 Januari 2021 22:47 WIB
Editor: tim
​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik
Tgk Muslem Hamdani, M.A. foto: ist.

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Provinsi Aceh mendukung pelaksanaan instruksi Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. AlHudri, M.M. untuk penyelenggaraan doa tolak bala secara bersama di sekolah sebelum dimulainya proses belajar mengajar mengajar.

Pernyataan dukungan ini disampaikan Ketua Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani, M.A. melalui siaran pers yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (14/1/2021).

"Instruksi Kadis Pendidikan Aceh untuk penyelenggaraan doa bersama untuk tolak bala kita harapkan dapat terlaksana di semua sekolah di Aceh. Karena hanya Allah yang bisa menghentikan setiap bala bencana termasuk wabah virus corona," ujar Tgk Muslem Hamdani.

Tgk Muslem yang juga mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini juga menegaskan, doa tolak bala yang dilakukan secara bersama itu juga merupakan bagian dari amalan yang telah dilakukan masyarakat Aceh turun temurun untuk berdoa agar dijauhkan dari bala.

BACA JUGA : 

Jangan Takut Tapi Jangan Sombong, Dalam Sejarah Islam Pernah Terjadi Wabah Tha’un

Bentuk Tim Tracer, Kapolresta Banyuwangi: Ini Tugas Tak Ringan yang Harus Dijalankan

Doakan Para Pemimpin Bisa Atasi Covid-19, Kiai Asep Minta Jangan Mengail di Air Keruh

Di Tengah Kesulitan (Pandemi) Selalu Ada Malaikat, Meski Ada yang Tega Jadi Setan

Menurut Tgk Muslem, pelaksanaan protokol kesehatan selama ini cukup penting, tapi tak akan bermakna jika tidak disertai do'a yang konsisten.

"Usaha membendung wabah virus corona dengan memperketat protokol kesehatan jalan terus. Tapi do'a kepada Allah harus tetap selalu dilaksanakan, baik secara pribadi maupun bersama antara masyarakat Aceh," kata Tgk Muslem.

Ia juga menambahkan, di dayah-dayah selama ini doa bersama untuk tolak bala sudah sangat sering dan selalu dilakukan. Jadi cukup bagus dan penting jika siswa-siswi dan guru-guru di sekolah juga melaksanakannya.

"Dengan do'a bersama untuk tolak bala ini, akan menjadi sarana pendidikan sekolah bagi peserta didik agar memahami sepenuhnya bahwa hidup kita sepenuhnya Dalam genggaman Allah Sang Pencipta Alam Semesta sehingga kita harus menjadi hamba Nya yang senantiasa berbuat baik di atas muka bumi ini," pungkas Tgk Muslem. 

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...