Rabu, 21 April 2021 05:20

Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Semeru, Mensos Risma Sarankan Lumajang Punya Alat Berat

Selasa, 19 Januari 2021 10:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Semeru, Mensos Risma Sarankan Lumajang Punya Alat Berat
Mensos Tri Rismaharini mendengarkan pemaparan Bupati Lumajang Thoriqul Haq tentang dampak aktivitas Gunung Semeru tiga hari lalu yang mengeluarkan APG.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bertolak ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pasca mendengar kabar Gunung Semeru mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) tiga hari yang lalu.

Risma berencana memantau langsung aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu melalui pos pengamatan di Gunung Sawur. Lantaran terlalu malam, Risma hanya mendengarkan pemaparan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Pendopo Aryawiraraja, Senin (18/01) malam.

Setelah mendengarkan pemaparan video dari Cak Thoriq, sapaan Bupati Lumajang, Risma mengatakan Kabupaten Lumajang harus memiliki alat berat. Sebab, Kabupaten Lumajang memiliki daerah yang berpotensi terjadinya bencana alam, sehingga kepemilikan alat berat bisa mempermudah dalam penanganan ketika terjadi bencana.

Risma juga mengingatkan terkait pentingnya sembako atau bahan dasar makanan yang itu merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus siap untuk menyiapkan sembako tersebut untuk antisipasi kejadian bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

BACA JUGA : 

Pantau Kondisi Warga Terdampak Gempa, Mensos Risma Datangi Tempursari Lumajang

Mensos Minta Pemkab Gresik Cepat Setorkan DTKS hingga 100 Persen, Mengapa?

Wali Kota Eri Siap Distribusikan Bantuan dari Mensos RI ke Nakes hingga Masyarakat

Kunjungi PP An-Nidhomiyah Pamekasan yang Tertimpa Longsor, Mensos Serahkan Sejumlah Bantuan

"Minimal itu sembako atau bahan dasar makanan harus siap, karena kita tidak tahu, siapa pun bisa terkena bencana. Artinya, kita harus mengontrol setiap daerah, minimal untuk cadangan makanan itu harus ada dan wajib," ujar menteri.

Dalam kunjungan itu, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan berupa sembako atau bahan dasar makanan, obat-obatan, diapers, dan sejumlah bantuan lainnya. Bantuan tersebut diserahkan kepada Bupati Lumajang secara simbolis.

Sementara itu, Cak Thoriq menjelaskan jika hingga sampai saat ini masih banyak material longsoran yang masih mengendap pasca terjadinya Guguran Awan Panas (APG). "Hal ini yang menjadi kewaspadaan, karena apabila terjadi hujan deras maka nantinya akan menggerus material endapan hingga menjadi longsoran lahar dingin," katanya.

"Untuk situasi hari ini di puncak Semeru sedang turun hujan, dan apabila intensitas hujan tersebut besar, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi guguran awan panas lagi. Tumpukan material yang masih menumpuk sewaktu waktu bisa diterjang lahar dingin. Untuk saat ini hanya Awan Panas Guguran, sehingga tidak berbahaya," ungkap Bupati Lumajang.

Selanjutnya, Cak Thoriq meminta kepada kemensos agar bisa memfasilitasi pengajuan bantuan dalam pembuatan sarana dan fasilitas pembuatan jalur guguran erupsi Gunung Semeru.

"Kami harus antisipasi terkait kesiapsiagaan bencana, karena bencana itu terjadi tidak ada yang mengetahui. Kami akan melakukan langkah-langkah antisipasi yang lebih kuat lagi. Tadi sudah disampaikan oleh menteri sosial, kami diminta untuk mengajukan beberapa sarana fasilitas kesiapsiagaan. Saya harap itu akan dibantu oleh Kementerian Sosial," pungkasnya. (ron/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...