Jalin Kemitraan dengan Polresta Sidoaro, DJP Jatim II Perkuat Bidang Relawan Pajak

Jalin Kemitraan dengan Polresta Sidoaro, DJP Jatim II Perkuat Bidang Relawan Pajak Pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jatim II menjalin kemitraan bersama Polresta Sidoarjo. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jatim II menjalin kemitraan bersama . Jalinan kemitraan ini dimaksudkan untuk menggaungkan relawan pajak dalam menyosialisasikan pelaporan SPT Tahunan.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil Takari Yoedaniawati mengatakan, sejak menjabat di lingkungan DJP Kanwil Jatim II, pihaknya baru menyempatkan dan berkenalan langsung dengan jajaran . Dikarenakan Kabupaten Sidoarjo masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Ini bagian dari kunjungan kami, berkenalan dengan beliau, dan sekaligus mengajak kemitraan," cetus Takari Yoedaniawati, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, sudah seharusnya Kanwil melakukan jalinan kemitraan terutama di bidang relawan pajak. Jika sebelumnya relawan hanya difokuskan pada kalangan mahasiswa, kini lebih diintensifkan di luar mahasiswa.

"Ya, seperti pejabat, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya. Salah satunya ," jelasnya.

Keberadaan relawan pajak, selain bisa menyosialisasikan pelaporan SPT Tahunan terhadap anggotanya, minimal bisa mengajak keluarganya untuk patuh terhadap pelaporan SPT.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyambut baik langkah Kanwil . Keberadaan relawan pajak sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelaporan SPT Tahunan.

"Harapannya, kami baik Polri maupun ASN bisa menjadi pioner dalam mengedukasi masyarakat. Terutama dalam tingkat kepatuhan SPT, " jelas Sumardji.

Adapun untuk mendukung langkah tersebut, pihaknya berencana mengirimkan duta untuk mengikuti pelatihan terkait perpajakan di Kantor Pajak Pratama Sidoarjo, sehingga keberadaan duta tersebut diharapkan bisa membantu atau memandu anggota Polri yang kesulitan mengenai perpajakan.

"Terkadang, memang mereka enggak tahu atau belum mengerti soal perpajakan. Makanya nanti kami kirimkan duta ke sana untuk ikut pelatihan di sana," pungkasnya. (cat/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO