Senin, 10 Mei 2021 02:15

​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung

Rabu, 10 Februari 2021 18:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung
Sejumlah petugas sedang memasang rambu-rambu jalur evakuasi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan jalur evakuasi untuk warga terdampak erupsi Gunung Raung. Jalur evakuasi ini siap digunakan jika terjadi penanganan darurat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Abdul Kadir mengatakan, pihaknya sejauh ini ini telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi dari permukiman penduduk serta melakukan pengecekan ulang jalur evakuasi bagi warga.

"Ini bagian dari langkah kontijensi. Kami terus mempersiapkan hal-hal untuk kemungkinan terburuk. Koordinasi lintas elemen juga terus dilakukan," kata Kadir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2).

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram menambahkan, pihaknya bersama tim telah mengidentifikasi wilayah-wilayah rawan. Pemetaan ini penting untuk mengevakuasi masyarakat secara cepat ke pengungsian.

BACA JUGA : 

Muncul Klaster Tarawih di Banyuwangi, Puluhan Warga Ringintelu Positif Covid-19, 6 Meninggal

Cek Protokol Kesehatan, Forkopimda Banyuwangi Blusukan ke Pusat Perbelanjaan

Polresta Banyuwangi Salurkan 1.475 Kg Beras Zakat Fitrah

DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Matangkan Persiapan Pemberlakuan PBG

"Saat ini, status Gunung Raung masih waspada dan dapat berubah setiap saat. Kami telah mengedintifikasi wilayah-wilayah berpenduduk yang jika terjadi penanganan darurat dan harus dilakukan evakuasi," jelasnya.

Kata Eka, BPBD juga telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi, di antaranya berada di Kecamatan Kalibaru, Glemore, Sempu, dan Kecamatan Songgon. "Semua kami cek untuk memastikan jalurnya," ungkapnya.

Eka juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada. Masyarakat tetap wajib menjaga jarak aman aktivitas dari Gunung Raung.

"BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar menyiapkan pelayanan kesehatan, mengingat dampak abu vulkanik pada kesehatan," pungkasnya. (guh/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...