Gubernur Khofifah Tinjau Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Dua di Lamongan

Gubernur Khofifah Tinjau Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Dua di Lamongan Gubernur Khofifah saat sambutan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur melakukan kunjungan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Mantup Lamongan, Rabu (10/2/2021). Kunjungan ini dilaksanakan untuk meninjau keberlangsungan vaksinasi tahap kedua serta percepatan pelaksanaan vaksin di Lamongan.

“Kita baru saja melaksanakan proses vaksinasi tahap pertama dosis kedua. Harapan kita seluruh proses ini akan berjalan lebih cepat karena pada dasarnya vaksinatornya cukup, fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) juga cukup, asal vaksin datang saja,” kata Khofifah.

Khofifah menyatakan bahwa presiden telah mengarahkan untuk bekerja secara cepat dan detail dalam pelaksanaan vaksinasi. Dia juga mengungkapkan bahwa pada minggu ketiga bulan ini (Februari) Jawa Timur akan kembali memperoleh drop vaksin untuk dapat meluaskan percepatan vaksinasi.

Terkait kabar pelaksanaan vaksinasi yang diperkirakan selesai dalam 10 tahun, Khofifah membantah dan menyatakan kemungkinan vaksin dapat selesai kurang dari 1 tahun.

“Saya ingin menyampaikan datanya bahwa vaksinatornya 11.300, masing-masing vaksinator sehari bisa 30 orang. Dengan begitu kita membutuhkan waktu kira-kira 64 hari untuk dosis pertama. Jika digabung dosis kedua dan jeda waktu kira-kira 140 hari. Andai vaksin siap, vaksinator sehat, fasyankesnya bisa running, Insya Allah dalam 4 bulan bisa selesai,” ujarnya.

Gubernur juga menerangkan, sesuai arahan presiden, mereka yang terkait dengan upaya memberikan dampak penguatan ekonomi (termasuk pedagang pasar) akan diprioritaskan. Menurutnya, tidak terdapat kendala dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi meski di bulan puasa. Percepatan pelaksanaan vaksin pada bulan puasa dapat dilakukan setelah pelaksanaan buka puasa atau tarawih.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO