Sabtu, 08 Mei 2021 21:04

​Susur Sungai Brantas, Upaya Pemkot Kediri Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Kamis, 11 Februari 2021 17:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Susur Sungai Brantas, Upaya Pemkot Kediri Antisipasi Curah Hujan Tinggi
Tim Susur Sungai Gabungan saat melewati salah satu jembatan di Sungai Brantas. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Informasi tentang banjir banyak menjadi berita utama di berbagai daerah Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu, masyarakat Kota Kediri sempat mengeluhkan adanya genangan air di beberapa titik, seperti di sekitar Jalan Inspeksi Brantas.

Pemerintah Kota Kediri dengan sigap segera mengupayakan penanganan maksimal untuk mengatasi genangan-genangan air yang muncul ketika curah hujan tinggi.

Kamis (11/2/2021) pagi, Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan kegiatan Susur Sungai Brantas Kota Kediri.

Seperti yang diungkapkan oleh Chevy Ning Suyudi, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri saat ditemui di lokasi. “Hari ini (Kamis, 11/2) saya bersama tim melakukan susur sungai mulai dari wilayah Semampir hingga Manisrenggo,” kata Chevy.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Kabar Gembira untuk Hafiz Quran, Wali Kota Kediri Siapkan Beasiswa

Wali Kota Kediri Salurkan Zakat Melalui NU Care-LAZISNU

Dalam penelusuran yang dilakukan, lanjut Chevy, hasil identifikasi sejumlah saluran pembuangan air di Sungai Brantas adalah 4 outlet di sisi timur sungai dalam keadaan bagus. Sedangkan 6 outlet lainnya perlu dinormalisasi. Untuk sisi barat, 3 dalam kondisi bagus dan 3 lainnya perlu dibersihkan.

Sedangkan, Indun Munawaroh, Plt. Kepala BPBD Kota Kediri mengatakan bahwa didapati ada tumpukan sampah di pinggiran sungai.

“Hasil pengamatan tim, tadi ada sejumlah tumpukan sampah yang dapat mengganggu saluran air,” tuturnya, Kamis (11/2).

Ia menambahkan, sampah-sampah tersebut didominasi oleh ranting-ranting pohon dan sampah rumah tangga.

Sementara itu, saat dikonfirmasi tentang tindak lanjut dari kegiatan susur sungai ini, Indun mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi.

Indun meminta masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, karena rawan longsor, apalagi jika curah hujan tinggi. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai atau saluran air.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala DLHKP Didik Catur, Kepala Bidang Bina Marga Endang Kartika, Dinas PUPR, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. (uji/ian)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...