Sabtu, 10 April 2021 21:06

​Tingkatkan SDM dan Tata Kota Gresik yang Apik Masuk Program Kerja KWG

Minggu, 14 Februari 2021 08:13 WIB
Editor: tim
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
​Tingkatkan SDM dan Tata Kota Gresik yang Apik Masuk Program Kerja KWG
Ketua KWG M. Syuhud AM saat menerima surat istimewa dari Ketua Musang KWG M. Masduki. foto: ist.

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Ada sejumlah program kerja yang tengah disiapkan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) periode 2020-2022 dari hasil rapat kerja (Raker) selama 2 hari, Sabtu-Minggu (13-14/2/2021) di Hotel Purnama, Kota Batu, Jawa Timur.

Program kerja tersebut baik internal, maupun eksternal. Untuk program kerja internal antara lain peningkatan sumber daya manusia (SDM) wartawan di KWG melalui uji kompetensi wartawan (UKW). Selain itu, KWG juga akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

"Untuk UKW, KWG akan kolaborasi dengan PT Smelting," ujar Ketua KWG M. Syuhud Almanfaluty dalam sambutan pembukaan Raker, Sabtu (13/2/2021), malam.

Sementara untuk program kerja eksternal, adalah berkolaborasi dengan Pemkab Gresik dan DPRD mewujudkan tata kelola Kota Gresik yang apik dan layak. "Kami akan agendakan studi banding ke sejumlah daerah yang memiliki tata kelola kota yang baik, sehingga bisa kami adopsi untuk ditularkan di Kabupaten Gresik," papar wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com ini.

BACA JUGA : 

Wartawan Banyuwangi Gelar Aksi Unjuk Rasa Kecam Arogansi Pengawal Menteri KKP

​Berisiko Tinggi, Wartawan Ngawi Jalani Vaksinasi Tahap Awal

Dihadiri Bupati Gus Yani, KWG Bersama Personel Kodim 0817/Gresik Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Pemkot Madiun Gelar Vaksinasi Tahap II bagi Pelayan Publik dan Wartawan

Sementara untuk program kerja eksternal, adalah berkolaborasi dengan Pemkab Gresik dan DPRD mewujudkan tata kelola Kota Gresik yang apik dan layak. "Kami akan agendakan studi banding ke sejumlah daerah yang memiliki tata kelola kota yang baik, sehingga bisa kami adopsi untuk ditularkan di Kabupaten Gresik," papar wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com ini.

Syuhud mengaku telah berdiskusi dengan Bupati dan Wakil Bupati Gresik Terpilih Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah untuk inisiasi program KWG dalam membantu mewujudkan tata kelola Kota Gresik yang apik.

"Alhamdulillah, beliau-beliaunya (Gus Yani dan Bu Min) merespons postif. Gus Yani dan Bu Min sangat welcome dengan inisiasi KWG untuk berkolaborasi mewujudkan tata kelola Kota Gresik yang apik," terangnya.

Bahkan, lanjut Syuhud, Gus Yani telah menyiapkan program cerdas untuk menyulap sepanjang Jalan Basuki Rahmat Kecamatan Gresik bak Malioboro, Yogyakarta. "Di sepanjang kanan kiri jalan Basuki Rahmat akan ditata apik untuk sentra PKL dan UMKM, sehingga menumbuhkan aktivitas perekonomian baru yang berimbas terhadap lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi angka pengangguran, menggeliatkan sektor usaha mikro," bebernya.

Menurut Syuhud, selama ini simpul-simpul pusat keramaian dan perekonomian di Gresik belum tertata apik. Saat masyarakat masuk ke Gresik dari Surabaya sudah disuguhi sejumlah industri atau pabrik. Padahal, salah satu syarat kota layak huni dan nyaman adalah jauh dari kawasan industri. Terlebih, industri berat.

"Wajar, kalau masyarakat Gresik, khususnya pendatang mempertanyakan bahkan penasaran di mana posisi Kota Gresik. Hal ini juga diakui Gus Yani. Beliaunya juga bingung jawabnya ketika ditanya di mana letak kawasan Kota Gresik," ungkapnya.

Karena itu, KWG berkolaborasi dengan Pemkab Gresik untuk mewujudkan tata Kota Gresik agar nyaman untuk ditinggali. "Tinggal nanti Kota Gresik mau dipusatkan Gus Yani dan Bu Min di mana. Kalau memaksakan di tempat-tempat yang ada sekarang di Kecamatan Gresik dan Kebomas sudah terlalu padat. Makanya, ke depan harus disiapkan kawasan khusus untuk Kota Gresik, tentunya tak jauh dari pemerintahan," ujarnya.

Selain program-program tersebut, masih kata Syuhud, KWG juga menyiapkan sejumlah program lain yang akan dikerjakan dalam kurun waktu 2 tahun (satu periode). "Mudah-mudahan di periode kedua kepemimpinan saya di KWG banyak mencetuskan program-program bermanfaat, baik bagi internal organisasi, Pemkab Gresik maupun masyarakat. Kami mohon bantuan doa, dukungan dan supportnya untuk bisa mewujudkan program-program yang kami canangkan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Raker KWG yang diikuti 31 wartawan anggota KWG diadakan di Hotel Purnama, Batu Sabtu-Minggu (13-14/2/2021). Raker itu juga mengikut sertakan keluarga untuk membangun keakraban keluarga besar KWG. (hud)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...