Trenggalek Disebut Contoh Penerapan PPKM Mikro, Joko: Kita Tidak Boleh Lalai

Trenggalek Disebut Contoh Penerapan PPKM Mikro, Joko: Kita Tidak Boleh Lalai Kegiatan Penerapan PPKM Mikro di Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Prof. Wiku Adisasmito menyebut, ada tiga daerah yang dapat menjadi rujukan sebagai contoh penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro. Tiga daerah itu ialah Kabupaten Jawa Timur; Desa Kalibening Kecamatan Dukuh Kabupaten Magelang Jawa Tengah; dan Kelurahan Trirenggo Pedukuhan Bogoran Kecamatan Kapanewon, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta.

Kabupaten melakukan penanganan secara terstruktur dengan mengindetifikasi faktor sukses, risiko penyebaran penyakit, dan risiko dampak. Pemerintah Kabupaten juga menyediakan dashboard informasi tentang upaya promotif, preventif, kuratif, serta tracing.

"Pemerintah Kabupaten juga menjunjung tinggi transparansi pemakaian anggaran kegiatan , serta pelaksanaan pengamanan dan penegakan hukum secara displin terhadap mereka yang masih tidak patuh protokol kesehatan," kata Wiku.

Menanggapi hal itu, Plh Kabupaten Ir. Joko Irianto mengaku terkejut ketika Kabupaten disebut sebagai kabupaten yang bisa menjadi rujukan atau percontohan dalam penerapan PPKM Mikro oleh Jubir Satgas Penanganan .

"Saya kaget dan tentu bangga. Namun, kita kita tidak boleh berbangga dan malah lalai dengan kondisi itu," kata Joko ketika dikonfirmasi melalui jaringan telpon, Jumat (19/2).

Joko sendiri justru merasa sangsi ketika Kabupaten disebut sebagai kabupaten yang bisa dijadikan rujukan penetapan PPKM Mikro. "Apakah betul sebutan itu sudah kita terapkan betul di masyarakat," ucap Joko balik tanya.

Dia berharap agar capaian yang telah diraih saat ini untuk bisa dijaga secara terus menerus oleh aparat pemda, kepolisian, TNI, desa, serta seluruh masyarakat untuk melaksanakan PPKM secara benar. Dia memberikan pesan pada seluruh OPD agar terus memaksimalkan PPKM Mikro, meskipun saat ini Kabupaten dianggap sukses dalam penerapan PPKM Mikro. (man/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO