Sabtu, 10 April 2021 22:08

Sah! KPU Tetapkan Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih

Jumat, 19 Februari 2021 15:27 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Sah! KPU Tetapkan Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih
Bupati Terpilih Yuhronur Efendi saat menerima dokumen dari Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 Dr. H. Yuhronur Efendi-Drs. K.H. Abdul Rouf sebagai sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020. Paslon nomor urut 2 ini memperoleh suara sebanyak 336.154 suara atau 41,78 persen dari total suara sah.

Dihadiri oleh Plh. Bupati Aris Mukiyono bersama jajaran Forkopimda Lamongan serta paslon terpilih bersama tim sukses paslon, rapat pleno berjalan dengan aman dan lancar.

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengatakan bahwa Pilbup 2020 ini merupakan pemilihan dengan tahapan waktu terpanjang, di mana tahapan diawali mulai September 2019 dan sempat cut off awal tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Dia juga menyatakan bahwa antusiasme dan partisipasi masyarakat Lamongan sangat luar biasa, dibuktikan peserta pemilihan yang yuhmelebihi target yang ditetapkan nasional.

“Kami jajaran KPU Lamongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mendukung penuh dalam setiap tahapan pemilihan 2020. TNI-Polri beserta jajaran yang telah memberikan back up penuh terkait pengamanan mulai tahapan awal sampai berakhirnya tahapan ini,” ucap Mahrus Ali dalam rapat pleno terbuka, Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA : 

Bupati Yuhronur Harap Koperasi Bisa Bantu Bangkitkan UMKM dan IKM di Lamongan

Buka Musda IPHI, Bupati Yuhronur Harap Ada Sinergi untuk Perkuat Kemaslahatan Umat

RKPD 2022, Lamongan Rencanakan 7 Prioritas Pembangunan

Dukung Gerakan Ayo Beli Produk Lamongan, Disperindag Buka Stan UMKM Tiap Minggu Ceria

“Kami jajaran KPU Lamongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mendukung penuh dalam setiap tahapan pemilihan 2020. TNI-Polri beserta jajaran yang telah memberikan back up penuh terkait pengamanan mulai tahapan awal sampai berakhirnya tahapan ini,” ucap Mahrus Ali dalam rapat pleno terbuka, Jumat (19/2/2021).

Pemerintah Kabupaten Lamongan secara penuh mendukung pelaksanaan tahapan pilkada hingga tuntas. Bersama jajaran TNI-Polri, Pemkab Lamongan kawal dan lakukan pengamanan pelaksanaan Pilkada Lamongan 2020.

Berhalangan hadir, Paslon Nomor Urut 1 Suhandoyo-Astiti dan Paslon Nomor Urut 3 Kartika-Sa’im melalui perwakilannya menyampaikan permohonan maaf jika selama tahapan pilkada terdapat kesalahan dan kekurangan, serta mengucapkan selamat kepada bupati terpilih.

Dalam sambutannya, Bupati Lamongan Terpilih Yuhronur Effendi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pilkada secara tertib, aman, baik, dan lancar.

“Terima kasih penyelenggara (KPU), forkopimda, dan seluruh masyarakat Lamongan yang telah berpartisipasi menyukseskan acara. Kemenangan yang kita raih adalah kemenangan masyarakat. Amanat yang disampaikan masyarakat tidak akan kami sia-siakan, sebisa mungkin akan kami implementasikan. Mari bergandengan dan bekerja sama untuk kemajuan dan kesejahteraan Lamongan,” terangnya

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Lamongan Arif Bakhtiar mengatakan, kegiatan menjelang pelantikan bupati dan wakil bupati digelar secara maraton dalam satu hari.

“Mendagri sudah berkirim surat perihal pelantikan bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota. Bahwa untuk daerah yang masa jabatannya habis pada Februari, dan Mahkamah Konstitusi sudah menetapkan untuk tidak dilanjutkan perkaranya, pelantikannya akan dilakukan oleh gubernur pada minggu keempat Februari,” ungkap Arif Bakhtiar.

Masih menurut Arif Bakhtiar, Pemkab Lamongan bersama KPU dan DPRD berkomitmen untuk memenuhi ketetapan Mendagri tersebut. Sehingga bupati dan wakil bupati terpilih bisa dilantik serentak pada minggu keempat Februari.

“Karena itu dalam hanya dalam sehari ini, mulai pleno di KPU jam 9 pagi kemudian langsung dilanjutkan paripurna di DPRD, kami secara maraton melakukan percepatan proses pengusulan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih,” pungkasnya. (qom/zar)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...