Selasa, 27 Juli 2021 20:59

Buka Mukota VI Kadin, Wali Kota Kediri Harapkan Sinergi Terus Dibangun Sampai Kapan pun

Selasa, 23 Februari 2021 16:48 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Buka Mukota VI Kadin, Wali Kota Kediri Harapkan Sinergi Terus Dibangun Sampai Kapan pun
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat membuka Mukota VI Kadin Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka Musyawarah Kota (Mukota) VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri di Hotel Merdeka Kota Kediri, Selasa (23/2/2021). Mukota tersebut mengambil tema “Kadin Kota Kediri Bersama Pemerintah Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Melalui UKM/IKM Go Digital dan Go Export Ala UMKM”.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin sangat baik dengan Kadin Kota Kediri. Di Kota Kediri, Kadin memiliki fungsi untuk melakukan pendampingan-pendampingan UMKM.

“Meskipun di awal kita harus terseok-seok tapi Alhamdulillah karena kita mempunyai komunikasi yang baik, Kadin Kota Kediri terus bisa membantu masyarakat Kota Kediri. Mungkin juga ke depan mereka akan mencoba merangkul UMKM yang mungkin belum layak. Saya ingin Kadin muncul di tengah masyarakat. Saat ini mungkin yang besar adalah UMKM,” ujar wali kota.

Abdullah Abu Bakar menjelaskan, di masa pandemi yang sulit ini, Pemerintah Kota Kediri, BI, dan juga Kadin duduk bersama untuk membuat langkah-langkah yang tepat untuk menggerakkan perekonomian di Kota Kediri. Salah satunya, dengan membuat Expo UMKM Virtual 2020 dan mendorong UMKM-UMKM untuk go to marketplace.

BACA JUGA : 

Hari Jadi Kota Kediri ke-1142 Digelar Secara Virtual, Sandiaga Uno Beri Kado Istimewa

Sandiaga Uno Apesiasi Industri Kreatif dan Potensi Wisata Kota Kediri

Pemkot Kediri Buka Vaksinasi Lagi, E-Tiket Langsung Ludes dalam 2 Jam

Pecah Rekor, Jumlah Konfirmasi Positif Covid-19 Harian di Kota Kediri Tembus 100 Kasus

“Bahkan mama-mama muda dan milenial belanjanya sudah tidak ke mal lagi, tapi ke marketplace. Mereka ke mal hanya untuk makan. Rasanya perlu sekali untuk mendorong mereka masuk ke marketplace ini. Alhamdulillah, ada yang sudah siap untuk masuk ke marketplace namun ada juga yang belum siap. Tapi tidak masalah karena Pemerintah Kota Kediri, BI, dan juga Kadin akan mengurasi dan mengedukasi teman-teman UMKM ini. Agar mereka bisa masuk ke toko digital,” jelasnya.

Terakhir, Wali Kota Kediri berpesan agar sinergi yang terjalin terus dibangun sampai kapan pun, sehingga Pemerintah Kota Kediri bersama BI dan juga Kadin dapat terus membesarkan teman-teman UMKM di Kota Kediri.

“Saat ini yang harus kita lakukan bukan lagi bersaing, namun berkolaborasi. Sudah banyak contohnya produk-produk besar yang tidak lagi bersaing namun berkolaborasi. Itu dapat berjalan dan sukses,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur Adek Dwi Putranto mengapresiasi kerja sama yang baik antara Kadin, Pemerintah Kota Kediri, dan juga BI hingga banyak prestasi yang telah ditorehkan. Kadin Kota Kediri juga telah mendorong ekspor dan mencari pasar di ekspor dengan dukungan Pemerintah Kota Kediri dan BI. “Tentu ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sinergi ini harus terus dijaga,” ujar Adek Dwi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin mengatakan, sejak awal bekerja Kadin Kota Kediri selalu didukung oleh Pemerintah Kota Kediri dan juga BI. “Di awal-awal Pak Wali mengajak kita ke Sulawesi untuk bersinergi dengan Kadin di Sulawesi. Melalui sinergi yang baik ini pula kita sudah bekerja sama dengan diaspora di beberapa negara,” ujar Solikin.

Pembukaan Mukota VI Kadin Kota Kediri tersebut diakhiri dengan pemberian cendera mata dari Ketua Kadin Kota Kediri kepada Wali Kota Kediri, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur, dan Perwakilan KPwBI Kediri. (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...