Kamis, 15 April 2021 00:57

Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Tracer Covid-19, ​Polresta Sidoarjo Gelar Pelatihan

Rabu, 24 Februari 2021 17:31 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Tracer Covid-19, ​Polresta Sidoarjo Gelar Pelatihan
Satbinmas Polresta Sidoarjo menggelar pelatihan yang berhubungan dengan upaya tracing Covid-19 kepada 349 bhabinkamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/2/2021). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Adapun untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan, dan efektivitas peran bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19, Satbinmas Polresta Sidoarjo menggelar pelatihan yang berhubungan dengan upaya tracing Covid-19 kepada 349 bhabinkamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/2/2021). Peserta dalam kegiatan ini dibagi dalam tiga hari dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji dan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Yanto Lipu. Adapun materi yang disampaikan ialah tentang pengetahuan dasar tentang Covid-19 dan PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), penelusuran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri, dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji meminta agar anggota bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin. Diharapkan materi-materi yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam bertugas saat terjun di tengah masyarakat. Langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Para anggota bhabinkamtibmas agar lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19. Proaktif menyosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” pesan Kombes Pol. Sumardji.

BACA JUGA : 

Polresta Sidoarjo Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2021 Selama 14 Hari

Ada yang Pura-pura Pingsan Lalu Kabur, Saat Polresta Sidoarjo dan Jajaran Razia Tempat Hiburan Malam

Dukung Program ETLE, Polresta Sidoarjo Renovasi Command Centre

Pengemudi Diduga Mengantuk, Mobil Suzuki Ertiga di Sidoarjo Tabrak Pohon hingga Terbalik

“Para anggota bhabinkamtibmas agar lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19. Proaktif menyosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” pesan Kombes Pol. Sumardji.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Yanto Lipu menyampaikan, agar para bhabinkamtibmas dapat mengetahui mekanisme tracing dalam penanganan Covid-19.

"Seperti bagaimana mengidentifikasi aktivitas warga terinfeksi Covid-19. Menjalin sinergisitas bersama instansi-instansi terkait, termasuk dalam menyajikan informasi akurat. Kemudian, aktif mengedukasi warga atas segala perkembangan hingga langkah-langkah yang harus dilakukan, juga terkait tahapan isolasi diri," pungkasnya. (cat/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...