Era Baru Kabupaten Blitar, Bupati Rini Syarifah dan Wabup Rahmad Santoso Dilantik Besok

Era Baru Kabupaten Blitar, Bupati Rini Syarifah dan Wabup Rahmad Santoso Dilantik Besok Bupati dan Wakil Bupati Blitar Terpilih Rini Syarifah dan Rahmad Santoso.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Selangkah lagi Kabupaten akan memasuki era baru. Kabupaten akan resmi dipimpin Bupati Rini Syarifah dan Wakil Bupati Rahmat Santoso mulai Jumat (26/2/2021). Keduanya bakal dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya di hari tersebut.

Pj Sekda Kabupaten Mujianto mengatakan, Rini-Rahmad akan dilantik bersama kepala daerah terpilih di Jawa Timur lainnya. Menurut Mujianto, guna mengantisipasi kerumunan, prosesi pelantikan akan dibagi menjadi tiga tahap. Untuk Bupati dan Wakil Bupati terpilih direncanakan dilantik pada tahap kedua, yakni pukul 13.00 WIB.

"Harapan kami kegiatan tersebut berjalan lancar dan Bupati serta Wakil Bupati yang baru segera melakukan gebrakan kinerja," ujar Mujianto, Kamis (25/2/2021).

Mujianto menambahkan, hasil keputusan KPU di Jawa Timur ada 17 kepala daerah terpilih yang akan dilantik di Surabaya. Pelantikan digelar 3 sesi, pertama pukul 09.00 WIB diikuti 6 pasang kepala daerah. Kemudian sesi kedua pukul 13.00 WIB diikuti 6 pasang kepala daerah dan terakhir pukul 16.00 WIB dengan diikuti 5 pasang kepala daerah. "Untuk Kabupaten masuk gelombang kedua," imbuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten telah menetapkan Rini Syarifah dan Rahmat Santoso sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada serentak tahun 2020 lalu.

Dengan ditetapkannya pasangan yang diusung PKB, PAN, dan PKS ini sekaligus mengukir sejarah baru di Kabupaten . Rini Syarifah yang akrab disapa Mak Rini itu akan menjadi bupati perempuan pertama di Kabupaten .

Untuk diketahui, ada dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang mengikuti kontestasi Pilbup 2020. Yakni paslon petahana Rijanto-Marhaenis Urip Widodo yang diusung PDI Perjuangan dengan koalisi besarnya (Partai Gerindra, Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PPP). Kemudian penantangnya adalah pasangan Rini Syarifah - Rachmad Santoso yang diusung koalisi PKB, PAN dan PKS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO