Rabu, 21 April 2021 11:05

Dahlan Iskan: ​Tak Mau Miskin, 120 Juta Orang Nyicil Motor, Ini Sumber Kemajuan Besar Indonesia

Kamis, 25 Februari 2021 19:30 WIB
Editor: MMA
Dahlan Iskan: ​Tak Mau Miskin, 120 Juta Orang Nyicil Motor, Ini Sumber Kemajuan Besar Indonesia
Dahlan Iskan. Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pengamatan wartawan kawakan Dahlan Iskan luar biasa tentang masa depan Indonesia. Menurut dia, ada sekitar 120 juta orang kelompok menengah yang akan jadi sumber kemajuan Indonesia. Kelompok ini secara ekonomi terus bergerak, siapa pun pemerintahannya.

"Inilah sumber kemajuan terbesar, siapa pun pemerintahnya, seperti apapun pemerintahnya, Indonesia akan maju karena sikap 120 juta orang itu yang 5 tahun lagi akan menjadi 150 juta orang," kata mantan menteri BUMN itu dalam sesi diskusi online, Kamis (25/2/2021).

Menurut pengusaha sukses yang kini banyak tinggal di Surabaya itu, 120 juta Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut merupakan orang-orang yang tak mau lagi jatuh ke jurang kemiskinan, dan kerap mencari produk atau layanan dengan kualitas baik.

"Paling tidak ada 120 juta orang. Mereka ini dulu juga miskin sebagian besar, dan mereka tidak mau lagi miskin. Mereka sadar akan kesehatan, pendidikan, dan sadar akan kenyamanan," kata Dahlan seperti dilansir Merdeka.com (25/2).

BACA JUGA : 

Mobil Tesla Terbakar, Tak Ditemukan Mayat di Kursi Kemudi, Sistem Autopilot Eror?

Dahlan Iskan Tak Lolos Relawan Uji Coba Vaksin Nusantara, Dr Puruhito Komen Soal Vak-Nus

Salah Satu Ciri Intelektual: Berpikiran Terbuka

Era Vaksin Sudah Lewat! Pionernya Jenner 200 Tahun Lalu, Ganti Hasil Riset Baru, I-Nu

Dalam kehidupan sehari-hari, mayoritas dari 120 juta orang tersebut telah meninggalkan pemakaian kendaraan umum seperti angkot, dan lebih memilih untuk menyicil sepeda motor.

"Dengan pikiran kalau pakai sepeda motor lebih fleksibel, lebih cepat, bisa dipakai istri, anak. Di luar jam kerja bisa dipakai untuk apa saja. Fleksibelnya bukan main sepeda motor itu," tegas wartawan produktif itu panjang lebar.

Kelompok menengah tersebut, kata Dahlan Iskan, sudah berpikir jika mencicil sepeda motor nyatanya lebih hemat dan efisien dibanding terus memakai angkot.

"Daripada tiap bulan mengeluarkan uang Rp 800 ribu untuk naik angkot, kan lebih baik untuk bayar cicilan sepeda motor. Tiga tahun kemudian motor itu jadi milik saya. Sedangkan kalau naik angkot tiga tahun kemudian itu masih jadi milik orang lain," tegas Dahlan Iskan lagi.

Menurut dia, pemikiran seperti itu saat ini hidup di tengah masyarakat Indonesia. Di mana keinginan untuk mendapat hidup lebih baik tak padam dan terus tumbuh. (tim)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...