Pastikan Vaksinasi Tahap II Berjalan Lancar, Wali Kota Kediri Tinjau RS DKT dan Ruang Kilisuci

Pastikan Vaksinasi Tahap II Berjalan Lancar, Wali Kota Kediri Tinjau RS DKT dan Ruang Kilisuci Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberi keterangan kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada awak media di Ruang Kilisuci, Balai Kota Kediri, Selasa (2/3/2021). (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi tahap II masih terus bergulir. Pada hari ini (Selasa, 2/3/2021), giliran pelayan publik yang diberikan vaksin Covid-19. Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meninjau langsung di dua tempat, yakni RS DKT Kota Kediri dan Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri.

Vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Kediri menyasar pejabat eselon 2 dan 3 di Sekretariat Daerah Kota Kediri yaitu sekretaris daerah, asisten, kepala bagian, serta ASN dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan serta Bagian Umum dengan total sebanyak 200 orang. ASN dari dua bagian ini diprioritaskan karena berinteraksi dengan masyarakat dan memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu, puluhan awak media juga divaksin di Ruang Kilisuci. Sedangkan di RS DKT Kota Kediri ada sebanyak 395 orang terdiri dari babinsa dan TNI AD yang menjadi pelayan publik.

“Dalam rangka mempercepat vaksinasi, Alhamdulillah yang kita dahulukan seperti babinsa ini soalnya juga termasuk pelayan publik. Kalau sudah tervaksinasi Insya Allah mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Seperti rekan media yang punya mobilitas tinggi," kata Wali Kota Kediri, Selasa (2/3/2021).

Ditambahkan oleh wali kota, para babinsa juga sering berhubungan dengan masyarakat, seperti membantu masyarakat Kota Kediri yang sedang isolasi mandiri di rumah, menjaga keamanan saat pemakaman pasien Covid-19, dan lain sebagainya.

"Kalau para babinsa ini sudah dibekali vaksin saya jadi lebih tenang dan mereka bisa lebih aman," imbuh Wali Kota Kediri.

Masih menurut wali kota, vaksinasi tahap II ini berjalan lebih cepat dari waktu yang diprediksi. Dulu jumlah orang yang bisa disuntik vaksin hanya sedikit, namun di tahap kedua ini bisa jauh lebih banyak.

"Saat ini di tahap II yang divaksin yaitu pelayan publik, wartawan, pegawai pemda yang bertugas melayani masyarakat, babinsa, bhabinkamtibmas, tokoh agama yang didahulukan," terang wali kota.

Walaupun begitu, lanjutnya, belum semuanya bisa disuntik vaksin, karena memang jumlah vaksin yang datang masih 9 ribu vaksin. "Sedangkan yang kita daftarkan ke pusat sebesar 16 ribu vaksin. Oleh karena itu yang didahulukan untuk diberi vaksin yaitu orang yang bermobilitas tinggi untuk melayani masyarakat, agar risiko tertular Covid-19 ini lebih sedikit," pungkas wali kota.

Turut hadir dalam kunjungan ke lokasi vaksinasi tersebut, yakni Komandan Kodim 0809 Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, Kepala Rumah Sakit DKT Kota Kediri Iman Gautama, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO