Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar

Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah-Rahmad Santoso saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Blitar di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Rini Syarifah- saat serah terima jabatan () Bupati dan Wakil Bupati di Kantor DPRD Kabupaten , Rabu (3/3/2021).

Pertama, Khofifah meminta bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih segera membedah lebih lanjut rencana proyek pembangunan di kawasan Gunung Wilis atau biasa disebut Selingkar Wilis. Program Selingkar Wilis telah ditetapkan sebagai kawasan strategis untuk percepatan pembangunan nasional seiring dengan telah diterbitkannya Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbang Kertosusila-BTS-Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pembangunan Selingkar Wilis nantinya akan menghubungkan wilayah di sekitar Gunung Wilis yang terdiri dari 13 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten , Kota , Ponorogo, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pacitan, Tulungagung, Kota Kediri, Kota Madiun, dan Kabupaten Nganjuk.

"Ada Kabupaten bahkan satu titik di Kota saya ingin bupati dan wabup terpilih terkonfirmasi supaya mereka segera bisa membedah lebih lanjut terkait rencana pembangunan ini baik dari sumber pembiayaan dan aspek lain untuk percepatan pembangunan," ujar Khofifah.

Kemudian, dia juga meminta agar bupati dan wakil bupati melakukan pemetaan potensi wisata di Kabupaten . Kata dia, Kabupaten memiliki banyak potensi wisata yang bisa masuk dalam Bangga Wisata Indonesia (BWI). Sehingga perlu pemetaan lebih detail agar daya jual masing-masing destinasi wisata bisa terkoneksi satu sama lain.

" punya banyak potensi untuk Bangga Wisata Indonesia atau BWI. Sekarang ini kan selain Bangga Buatan Indonesia juga ada BWI. Jadi perlu pemetaan lebih detail sehingga daya jual masing-masing wisata bisa terkoneksi. Misalnya di sini ada Kampung Cokelat yang sangat terkenal, itu bisa diciptakan one day tour dan disinergikan dengan destinasi wisata lainnya, sehingga dapat membantu pelaku wisata untuk terus berkembang dan membangkitkan kembali perekonomian di masa pandemi Covid-19," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga meminta Bupati dan Wakil Bupati untuk memberi perhatian kepada para peternak ayam soal stabilisasi harga. "Kalau cerita ayam dan telur pasti top of mind adalah karena itu hal-hal yang terkait stabilisasi harga ayam dan telur jadi penting karena ini berpengaruh pada peternak di ," tegasnya.

Ditemui usai , Wakil Bupati memastikan pascadilantik dirinya bersama Bupati Rini Syarifah akan langsung bergerak menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah periode baru. Termasuk instruksi dan pesan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kami langsung kerja termasuk penanganan Covid-19 dan pesan-pesan yang disampaikan Ibu Gubernur siap kami laksanakan," ujar Rahmad. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO