Kamis, 15 April 2021 03:31

Tak Saling Kudeta, Persaingan Keras Tesla dan Ford dalam Mobil Listrik

Senin, 08 Maret 2021 05:25 WIB
Editor: mma
Tak Saling Kudeta, Persaingan Keras Tesla dan Ford dalam Mobil Listrik
Dahlan Iskan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Politik dan bisnis sama kejam. Itulah persepsi yang berkembang. Tapi Elon Musk – pemilik Tesla - orang terkaya nomor 1 di dunia - dan Jim Farley – pemilik Ford – tak saling kudeta. Justru saling respek.

Padahal mereka sekarang sedang terlibat persaingan keras. Dalam produksi mobil listrik.

Nah, tulisan Dahlan Iskan kali ini membahas persaingan dahsyat dua pengusaha raksasa otomotif itu. Terutama Ford yang membuntuti Tesla. Ikut memproduksi mobil listrik. Dengan brand legendaris: Mustang.

Tulisan Dahlan Iskan yang dimuat Disway dan HARIAN BANGSA pagi ini, Senin, 8 Maret 2021, kami turunkan juga di BANGSAONLINE.com.

BACA JUGA : 

​Tokoh, Dokter, Jenderal dan DPR Ramai-Ramai Vaksin Nusantara, Loh AstraZeneca dan Sinovac?

Vaksin Nusantara Dimatikan, Tapi Jenderal Ini Antre Divaksin Nusantara, Cinta Produk dalam Negeri

Peternakan Ayam Lewat Laboratorium, Tanpa Bulu, Kepala, Ceker, dan Tulang

Surabaya Bus, Jual Botol Plastik Rp 500 Juta, Tagihan BBM Rp 18 M, Kalah dengan Sepeda Motor

Tulisan Dahlan Iskan yang dimuat Disway dan HARIAN BANGSA pagi ini, Senin, 8 Maret 2021, kami turunkan juga di BANGSAONLINE.com.

Salam hangat Redaksi BANGSAONLINE.com Selamat membaca: 

LAJU kenaikan harga saham Tesla akhirnya terhenti. Tahun lalu saham Tesla naik gila-gilaan: lebih dari 100 persen. Itu membuat pemilik Tesla Elon Musk tiba-tiba jadi orang terkaya No. 1 di dunia.

Minggu lalu roda saham berputar cepat. Gelar terkaya nomor 1 itu turun ke nomor 2. Bahkan gelar nomor 2 itu pun hanya sebentar saja. Minggu lalu turun lagi ke nomor 3 atau nomor 5.

Yang mengerem laju kenaikan saham Tesla itu ternyata pemain lama otomotif: Ford. Tidak disangka, Ford fleksibel dalam memutuskan untuk masuk ke mobil listrik.

Tesla menjadi tidak sendirian lagi di pasar mobil listrik Amerika. Apalagi Ford masuk ke mobil listrik dengan strategi yang amat jitu.

Semua ahli marketing akan menilai cara Ford masuk mobil listrik ini sangat pintar. Yakni manfaatkan brand legendaris di keluarga besar Ford: Mustang.

Merek Mustang bukan saja sukses di masa lalu –tersukses kedua setelah Model T– tapi juga berhasil sangat melekat di hati orang Amerika. Sampai-sampai penggemar Mustang membuat persatuan yang sangat eksis. Mustang telah diidentikkan dengan kemachoan. Seseorang yang mengendarai Mustang dianggap lebih laki-laki.

Kini Ford memproduksi mobil listrik dengan nama Mustang Mach E. Langsung laris. Merebut pasar Tesla di Amerika. Orang pun melihat Mustang menjadi pesaing Tesla head-to-head.

Nama Mustang diambil dari nama kuda yang dibiarkan hidup liar. Kuda jenis mustang ini sekarang dilindungi. Hidupnya hanya di bagian barat Amerika.

Tahun 1930 masih ada sekitar 160.000 mustang yang hidup secara liar. Jumlah itu turun terus sampai tinggal 25.000 di tahun 1960-an. Setelah dilindungi, tahun lalu jumlah mustang menjadi sekitar 60.000 ekor.

Dua tahun lalu, ketika ke Nevada Utara, saya melihat banyak mustang hidup liar di sana. Setidaknya ada 20 mustang berlarian berkelompok. Kuda jenis mustang ini memang kelihatan lebih kecil dari kuda milik para cowboy. Tapi juga kelihatan lebih liat.

Itulah pertama kali saya melihat gerombolan mustang. Yakni ketika saya dalam perjalanan dari kota Reno ke pabrik baterai Tesla yang jauh di luar kota. Pabrik itu luasnya 1 juta hektare. Yakni di tengah-tengah padang Nevada bagian utara.

Mustang-nya Ford kini siap berpacu dengan Tesla. Kelas Mustang Mach E mirip dengan Tesla model S. Dengan harga USD 45.000 sampai USD 60.000. Lebih murah dari Tesla.

Tentu bukan hanya Mustang yang menyebabkan harga saham Tesla merosot sampai 16 persen minggu lalu. Bahkan kalau dibanding puncaknya telah turun 35 persen.

Kekayaan Elon Musk pun turun drastis. Turunnya saja sekitar Rp 400 triliun hanya dalam empat hari. Dengan penurunan itu, kekayaan Elon Musk kini ''tinggal'' sekitar Rp 300 triliun.

Tapi Elon Musk mencoba tenang-tenang saja. Harga saham Tesla memang terlalu tinggi –dibanding nilai riil Tesla sebagai perusahaan. Itu karena Tesla seperti raja tanpa calon penantang.

Ternyata penantang itu datang begitu cepat.

Bulan Februari 2021 adalah bulan valentine bagi Ford. Satu bulan itu saja –bulan kedua Mustang Mach E mulai dijual– bisa laku 3.730 buah. Kerinduan akan kehebatan mobil Mustang ternyata terobati dengan edisi Mustang mobil listrik ini.

Elon Musk sendiri seperti tidak ingin terlihat panik. Ia seperti menunjukkan sikap bersahabat terhadap Ford. Ia seperti ingin mengatakan ''justru sekarang Tesla punya teman bermain''.

Lihatlah bunyi tweet Elon Musk pekan lalu: Hanya Tesla dan Ford yang belum pernah bangkrut di antara 1000-an pabrik mobil baru dalam sejarah Amerika. Membuat prototype adalah mudah. Memproduksi mobil adalah sulit. Dan menjadikan cash flow positif itu sangat mengerikan.

Tesla seperti ingin memuji Ford yang mempunyai sejarah begitu panjang. Padahal, di balik itu, Tesla ingin mengesankan: biar pun muda Tesla sudah sejajar dengan Ford.

Reaksi dari Ford lebih mengejutkan lagi. CEO baru Ford Jim Farley, hanya membalas tweet Elon Musk itu dengan satu kata saja. Tapi justru reaksi CEO Ford itu yang jadi topik nasional di Amerika.

Sambutan satu kata dari CEO Ford itu adalah ini: "Respect".

Elon Musk punya 48 juta follower. Farley hanya punya 27.000. Musk baru berumur 48 tahun. Farley sudah 58 tahun.

Tapi persaingan bisnis ternyata tidak harus saling kudeta. Mereka bisa tetap saling respek. (*)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...