Rabu, 21 April 2021 11:14

Direspons BPIP, Pemkot Kediri Usulkan Produk Hukum Daerah Menginternasilasi Nilai Luhur Pancasila

Rabu, 31 Maret 2021 09:56 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Direspons BPIP, Pemkot Kediri Usulkan Produk Hukum Daerah Menginternasilasi Nilai Luhur Pancasila
Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Edi Darmasto (kanan) dan Pejabat Pemkot Kediri lainnya saat mengikuti rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Selasa, (30/3/2021). foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan penting dalam setiap aspek kehidupan, baik pemerintahan, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan. Melihat urgensitas tersebut, Pemerintah Kota Kediri berkomitmen bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menginternalisasi Nilai Luhur Pancasila.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Edi Darmasto mengusulkan sejumlah rumusan terkait internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila pada produk hukum daerah. Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), Selasa (30/3).

“Saya berharap produk-produk hukum yang ada di daerah supaya lebih bisa menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila, untuk itu diperlukan beberapa upaya-upaya yang sistematis,” terang Edi.

Edi mengatakan upaya-upaya tersebut meliputi tiga hal penting. Di antaranya perlu adanya pedoman nilai-nilai Pancasila yang akan diterapkan pada produk hukum daerah yang dirumuskan oleh BPIP, peningkatan nilai luhur Pancasila ke ASN dan DPR yang dikemas dalam kegiatan yang kreatif dan inovatif, terutama untuk generasi milenial.

BACA JUGA : 

Live di Instagram, Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Kediri Review Produk UMKM Lokal

Bangkitkan Potensi Lokal, Pemkot Kediri Gelar Lomba Foto Cerita KIM

Pastikan Home Care Peduli Berjalan dengan Baik, Wali Kota Kediri Datangi RSUD Gambiran

Pastikan Layak Makan, Pemkot Kediri Gelar Sidak Takjil di Pusat Keramaian

“Di samping itu saya miris dengan fenomena yang ada di media sosial, yang mana masih banyak yang tidak hafal Pancasila. Jadi perlu ada kiat-kiat khusus yang inovatif dan kreatif untuk menarik minat para millennial dan generasi Z meneladani nilai-nilai luhur Pancasila.” ujar Edi.

Usulan tersebut direspons baik oleh BPIP. Fachrur, Direktur Pengendalian mengonfirmasi bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sebuah program yang sejalan dengan kebutuhan generasi millenial.

“Kami telah sepakat membuat beberapa program yang berbasis generasi millennial, di antaranya seperti bimtek untuk generasi muda yang berpotensi melakukan kegiatan positif di media sosial dengan kemasan yang lebih kekinian,” jelasnya.

Sementara itu Apeksi juga berkomitmen merumuskan edukasi dan saluran komunikasi terkini, sehingga internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila dapat terpublikasikan dan diteladani dengan baik. (uji).

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...