Raih Dua Kategori BKN Award 2020, Khofifah: Wujud Kinerja Layanan ASN di Jatim On The Right Track

Raih Dua Kategori BKN Award 2020, Khofifah: Wujud Kinerja Layanan ASN di Jatim On The Right Track Penghargaan berupa trofi dan piagam diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dari Kepala BKN RI Ir. Bima Haria Wibisana di Ruang Hayam Wuruk Lt. 8 Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Kamis (1/4/2021) siang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - kembali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, khususnya terkait bidang kepegawaian ASN (Aparatur Sipil Negara). Kali ini, lewat BKD Provinsi Jatim berhasil meraih dua penghargaan dari lima kategori yang dinilai dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2020.

Dalam ajang tahunan yang digelar oleh BKN RI pada 17 Desember 2020 lalu, berhasil meraih juara dua masing-masing dalam Kategori Perencanaan, Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun, serta Kategori Penilaian Kinerja Terbaik.

Penghargaan berupa trofi dan piagam tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur dari Kepala BKN RI Ir. Bima Haria Wibisana di Ruang Hayam Wuruk Lt. 8 Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Kamis (1/4/2021) siang.

Atas diterimanya penghargaan tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa ini merupakan penanda ikhtiar bersama seluruh ASN di Jatim telah sesuai pada jalannya. Sekaligus, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada BKN RI atas penghargaan yang telah diberikan.

"Terima kasih atas seluruh support dari BKN, dan semoga energi dari ASN se-Jatim bisa berseiring dengan ikhtiar modernisasi birokrasi yang disampaikan oleh Pak Wapres. Penghargaan ini wujud bahwa layanan kepegawaian untuk ASN di Jatim telah berada di jalur yang tepat atau on the right track," terang Khofifah, sapaan akrab Gubernur Jatim.

Khofifah mengatakan bahwa penghargaan ini juga sebagai pendorong semangat agar ASN di Jatim bisa bekerja lebih baik lagi. Perbaikan kinerja bukan bertujuan untuk penerimaan penghargaan semata, namun lebih kepada pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan akuntabel dan pelayanan masyarakat yang cepat dan tepat.

"Dengan penghargaan ini, kita harus lebih semangat dalam bekerja. Karena perbaikan kinerja ini adalah demi untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam rangka peningkatan kinerja, Gubernur Khofifah juga mengajak jajaran bupati dan wali kota di Jatim untuk terus mendorong penerapan digitalisasi dalam birokrasi ASN di wilayahnya. Ini penting, karena modernisasi dan digitalisasi birokrasi memiliki peran yang cukup besar dalam percepatan pencapaian pembangunan nasional.

"Digitalisasi sistem ini akan jadi pintu masuk untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi seluruh kinerja di antara OPD, UPT, dan BLUD yang ada di Jatim. Sehingga, harapannya kita bisa memberi penguatan pada sisi kompetensi dan digital IT dengan lebih maksimal," urai orang nomor satu di tersebut.

Terlebih, selama pandemi Covid-19, sebagian ASN diharuskan menerapkan Work from Home. Di mana, tanpa sistem IT yang memadai, beban kerja ASN meningkat sebanyak 20%. Jumlah ini dikarenakan tidak semua ranah pekerjaan ASN mengalami digitalisasi dan pengerjaannya harus dilakukan secara offline.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO