Senin, 17 Mei 2021 22:15

Siap Maafkan Kader Kubu Moeldoko, AHY: Forgive, but Not Forget

Selasa, 06 April 2021 17:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Siap Maafkan Kader Kubu Moeldoko, AHY: Forgive, but Not Forget
Dari kiri: AHY, Emil Dardak (Ketua DPD PD Jatim), dan Renville Antonio (Sekretaris DPD PD Jawa Timur).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan siap memaafkan kader yang sempat membelot ikut kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang. Namun ia menegaskan tidak bisa begitu saja melupakan.

"Prinsip kami sederhana, memaafkan tapi tidak bisa begitu saja dilupakan. Forgive, but not forget," kata AHY kepada BANGSAONLINE.com di lokasi Coffe Hutan Cempaka, Dayurejo, Prigen, Pasuruan, Senin (5/4) malam.

Polemik Demokrat untuk sementara mereda setelah pemerintah menolak kepengurusan Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang. Diketahui, KLB Demokrat itu menunjuk Kepala Staf Kepresidenan Moldoko sebagai ketua umum.

AHY melanjutkan, sikap itu dipilih sebagai bentuk empati terhadap perasaan kader partai di seluruh Indonesia yang marah, sedih, dan kecewa selama dua bulan terakhir ini.

BACA JUGA : 

Matangkan Persiapan Pileg 2024, DPC Demokrat Mojokerto Roadshow ke 18 Anak Cabang

​Sowan Kiai Asep, Menantu Pakde Karwo Siap Jadi Ketua DPD Demokrat Jatim

Wagub Emil Berterima Kasih, Kiai Asep Ringankan Beban Rakyat Hingga Rp 8 M

​Sowan Kiai Asep Tengah Malam, Wagub Emil Tanya Kenapa Pondoknya Dinamakan Amanatul Ummah

"Tentu mereka punya hak untuk marah, untuk tidak begitu saja menerima. Setelah selesai seolah-olah tidak pernah terjadi apa-apa. Mereka tentu punya hak untuk bersikap seperti itu," tuturnya.

Meski demikian, AHY mengingatkan bahwa sebagai sesama manusia harus membuka pintu maaf. Namun, ada tata cara bagi kader Demokrat yang mbalelo apabila ingin bertaubat. "Dilihat sikap dan perilakunya, apakah ada perubahan? Harus dicek satu-satu karena beda-beda setiap orang," ujar putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Agus menegaskan, pihaknya mempersilakan para kader yang sempat mendukung KLB untuk bergabung kembali dan menyampaikan penyesalan. Sebab, sejak awal Partai Demokrat tidak mencari persoalan. "Saya mencegah jangan sampai kemudian kita tidak bisa memaafkan mereka semua," tuturnya.

Ditanya ihwal Partai Demokrat kubu Moeldoko yang berencana menggugat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai ke pengadilan, AHY mengaku tidak gentar dan siap menghadapi. "Tapi saran saya pikir-pikir lagi. Nanti jangan sampai justru menggali lubang yang lebih dalam lagi," kata AHY. (afa/ian)

VIDEO TERKAIT

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...