Tangkal Radikalisme, Bakesbangpol Jember Siap Gelorakan Kembali Ideologi Pancasila dan Kebangsaan

Tangkal Radikalisme, Bakesbangpol Jember Siap Gelorakan Kembali Ideologi Pancasila dan Kebangsaan Akbari Sigit, Plt Bakesbangpol Kabupaten Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Setelah 5 tahun vakum, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten tahun 2021 ini akan kembali menggelar sosialisasi pemahaman ideologi Pancasila dan kebangsaan.

Pasalnya, alokasi dana kegiatan tersebut sudah dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui APBD 2021 sebesar Rp 600 juta, dari yang sebelumnya Rp 40 juta.

"Setelah dilakukan audiensi bersama Dewan kemudian direvisi dari Rp 40 juta menjadi Rp 600 juta," jelas Akbari Sigit, Plt Kepala Bakesbangpol di kantornya, Rabu (07/04).

Ia menjelaskan, sosialisasi itu dalam rangka pemantapan ideologi dan karakter kebangsaan kepada pemuda . Sebagai bentuk upaya membentengi pemuda dari paham-paham intoleran serta memasyarakatkan program pembauran kebangsaan agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat luas.

"Menyosialisasikan dan mengedukasi pentingnya pembauran kebangsaan dalam menjaga keutuhan NKRI. Dengan tujuan menumbuhkembangkan keharmonisan dan toleransi," jelasnya.

"Apa lagi baru-baru ini, kita tahu kejadian bom bunuh diri di Katedral Makassar. Jadi, sangat relevan jika kegiatan seperti itu digelorakan kembali," tambahnya.

Adapun sasaran peserta dalam kegiatan itu selain kepada siswa juga akan melibatkan organisasi masyarakat (ormas).

"Bahkan sejauh ini sudah banyak yang antre untuk ikut serta dalam kegiatan yang bermanfaat itu, seperti ormas, perusahaan, dan pemuda lainnya," pungkasnya. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO