RGR Berkolaborasi dengan 87 Lovers, Latih ODGJ Membuat Sabun

RGR Berkolaborasi dengan 87 Lovers, Latih ODGJ Membuat Sabun Koordinator RGR Irma Yulianti dan Tim RGR saat memandu para ODGJ yang sudah mampu berkomunikasi dengan baik membuat sabun deterjen. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan Gotong Royong (RGR) berkolaborasi dengan 87 Lovers (Pecinta Gangguan Jiwa) Raya, Divisi dari Komunitas Facebook Wong Wong Ngadiluwih, menggelar pelatihan membuat sabun untuk para ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Kamis (8/4).

Sekitar 22 ODGJ yang selama ini dalam pendampingan Relawan 87 Lovers dilatih membuat sabun oleh Tim RGR di Sanggar Kesehatan Jiwa Pak Roikhan, Dusun Susuhbango Utara, Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten . Sebelum pelatihan membuat sabun, para ODGJ melakukan senam bersama yang juga diikuti oleh relawan RGR dan 87 Lovers.

Hari Kurniawan, Presiden 87 Lovers Raya menjelaskan di sanggar Kesehatan Jiwa Pak Roikan ini para ODGJ dilatih senam setiap Sabtu pagi. "Namanya Senam Waras Jiworogo, tujuannya untuk melatih respons mereka," kata Hari, Kamis (8/4).

Menurut Hari, selain dilatih senam, juga ada posyandu atau pengecekan kesehatan tiap satu bulan sekali. Petugas kesehatan biasanya datang ke sanggar untuk mengecek kesehatan para ODGJ.

Tidak hanya itu, setiap satu bulan sekali Relawan 87 Lovers juga selalu mengelar Make Over ODGJ. Mereka dipotong rambutnya, diganti pakaiannya, dan dimandikan oleh Tim 87 Lovers.

Selain mendampingi para ODGJ, lanjut Hari, 87 Lovers juga membagikan satu paket nasi bungkus setiap hari Jumat. Paket nasi bungkus diberikan kepada seluruh ODGJ, orang terlantar dan fakir miskin di wilayah bagian selatan, sebagian wilayah Blitar, dan Tulungagung.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO