Selasa, 20 April 2021 13:45

Wakil Wali Kota Pasuruan Minta Pengadaan Barang dan Jasa Dilakukan Secara Transparan

Kamis, 08 April 2021 16:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Wakil Wali Kota Pasuruan Minta Pengadaan Barang dan Jasa Dilakukan Secara Transparan
Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat membuka Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo meminta proses pengadaan di Kota Pasuruan dapat berjalan efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Hal ini disampaikan Mas Adi -sapaan Wawali Pasuruan- ketika membuka Bimbingan Teknis Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa.

Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang pengadaaan barang/jasa dilaksanakan dalam rangka tercapainya pemahaman awal mengenai ketentuan-ketentuan yang baru dalam Perpres Nomor 12 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah, terutama bagi pelaku pengadaan barang/jasa di Lingkungan Organisasi Pemerintah Daerah Kota Pasuruan. Diharapkan melalui sosialisasi ini, seluruh pihak dapat segera menyesuaikan diri dengan perubahan ketentuan pengadaan barang/jasa.

"Pengadaan barang/jasa merupakan suatu proses pengadaan barang jasa dimulai dari tujuan, kebijakan, etika, pelaku pengadaan barang dan jasa, pemilihan penyedia hingga diperoleh barang dan jasa demi pemenuhan kebutuhan publik. Pengadaan barang dan jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah," terang Mas Adi.

BACA JUGA : 

Pastikan Tertib, Gus Ipul Tinjau Langsung Penyaluran BST Tahap IV di Kelurahan Purworejo

Munandar Akui Ada Fee 8% dari Proyek TPA Wonokerto

PKS Kota Pasuruan Bagi-bagi Takjil Sambil Kenalkan Logo Baru

Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M

"Publik senantiasa melihat, sehingga Pemerintahan tidak bisa ditutupi karena sekarang era keterbukaan. Semua berbasis elektronik dan e-katalog. Dunia dan entitas di luar berubah, sehingga kita cepat adaptasi terhadap perubahan tersebut dan memenuhi harapan publik dengan tata kelola pemerintahan yang baik," tambahnya.

Mas Adi berharap kepada seluruh peserta untuk menggunakan waktu yang sebaik-baiknya."Sosialisasi ini sangat penting untuk peningkatan kinerja serta ada output, outcome terukur setiap kegiatan Pemerintah Kota Pasuruan," tukasnya.

Adapun sosialisasi ini diikuti 66 orang terdiri dari para PA/KPA, PPKm, Pejabat Pengadaan serta Pokja Pemilihan selama 3 hari, mulai hari Rabu (7/4) sampai Jum’at (9/4) di Hotel Grand Palace Malang.

Turut hadir asisten, staf ahli, kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, narasumber dari LKPP RI, narasumber lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa Pemerintah dan Biro PBJ Pemprov Jatim. (ard/rev)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...