Bupati Arifin Tinjau Proyek Strategis Nasional Bendungan Tugu

Bupati Arifin Tinjau Proyek Strategis Nasional Bendungan Tugu Bupati Arifin (rompi biru) saat meninjau proyek Bendungan Tugu. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Moch. Nur Arifin melakukan peninjauan proyek strategis nasional berupa yang lokasinya berada di Kecamatan Tugu, Kabupaten , Jumat (9/4/2021).

"Kita ingin visit persiapan proyek strategis nasional bendungan ini untuk segera impounding atau mungkin masa tahap finalisasi,” kata Arifin, saat meninjau progres , Jumat (9/4/2021).

Selain itu, kata dia, kunjungan kali ini juga untuk melihat secara langsung manfaat yang bisa didapat dari adanya nantinya. Manfaat tersebut, bisa mengairi 1.200 hektare lahan persawahan dan bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik mikrohido 0.4 megawatt atau sekitar 4.000 kilowatt.

Arifin juga memiliki rencana akan menawarkan kerja sama dengan pihak swasta untuk memanfaatkan area bendungan sebagai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) melalui pemasangan solar panel.

"Yang kita lihat kalau nanti luas area tergenang sekitar 81 hektare, maka sesuai aturan jika diizinkan yang bisa digenangi oleh solar panel itu sekitar 5%, berarti ada 4 hektare yang bisa dialiri solar panel apung,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya dapat membantu pemerintah dalam menghasilkan bauran energi sesuai target pada tahun 2025 sebesar 23 persen jaringan listrik yang berasal dari energi baru.

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto mengatakan bahwa pihaknya melihat adanya peluang energi baru dan terbarukan di . Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha mengembangkan PLTMH yang diproyeksikan akan menghasilkan tenaga listrik sekitar 400 kilowatt.

“Di sini stepping-nya nanti akan kita lakukan yang pertama adalah kita menghitung kira-kira harga listriknya berapa, kemudian kalau sudah nanti perizinan-perizinan yang tentunya akan dibantu oleh Pak Bupati untuk merealisasikannya menjadi proyek dengan manfaat salah satunya untuk kelistrikan,” kata Adi.

“Kalau kita lihat tadi manfaatnya banyak sekali, untuk pengairan, pertanian, air baku, dan salah satunya adalah untuk pembangkitan tenaga listrik," tukasnya. (man/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO