Minggu, 01 Agustus 2021 04:21

Bupati Arifin Tinjau Proyek Strategis Nasional Bendungan Tugu

Jumat, 09 April 2021 21:04 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Bupati Arifin Tinjau Proyek Strategis Nasional Bendungan Tugu
Bupati Arifin (rompi biru) saat meninjau proyek Bendungan Tugu. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin melakukan peninjauan proyek strategis nasional berupa Bendungan Tugu yang lokasinya berada di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jumat (9/4/2021).

"Kita ingin visit persiapan proyek strategis nasional bendungan ini untuk segera impounding atau mungkin masa tahap finalisasi,” kata Arifin, saat meninjau progres Bendungan Tugu, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, kata dia, kunjungan kali ini juga untuk melihat secara langsung manfaat yang bisa didapat dari adanya Bendungan Tugu nantinya. Manfaat tersebut, bisa mengairi 1.200 hektare lahan persawahan dan bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik mikrohido 0.4 megawatt atau sekitar 4.000 kilowatt.

Arifin juga memiliki rencana akan menawarkan kerja sama dengan pihak swasta untuk memanfaatkan area bendungan sebagai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) melalui pemasangan solar panel.

BACA JUGA : 

Tak Mau Isolasi di Puskesmas, Warga Desa Siki Trenggalek Diminta Bayar Denda Rp 1,3 Juta

Kejari Trenggalek Musnahkan Sejumlah BB Perkara Tindak Pidana Umum

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kejari Trenggalek Beberkan Sejumlah Capaian Kinerja

Bukan karena Melihat Keranda Mayat dan Pocong, Ini Sebab Kecelakaan di Depan Pasar Pon Trenggalek

"Yang kita lihat kalau nanti luas area tergenang sekitar 81 hektare, maka sesuai aturan jika diizinkan yang bisa digenangi oleh solar panel itu sekitar 5%, berarti ada 4 hektare yang bisa dialiri solar panel apung,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya Bendungan Tugu dapat membantu pemerintah dalam menghasilkan bauran energi sesuai target pada tahun 2025 sebesar 23 persen jaringan listrik yang berasal dari energi baru.

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto mengatakan bahwa pihaknya melihat adanya peluang energi baru dan terbarukan di Bendungan Tugu. Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha mengembangkan PLTMH yang diproyeksikan akan menghasilkan tenaga listrik sekitar 400 kilowatt.

“Di sini stepping-nya nanti akan kita lakukan yang pertama adalah kita menghitung kira-kira harga listriknya berapa, kemudian kalau sudah nanti perizinan-perizinan yang tentunya akan dibantu oleh Pak Bupati untuk merealisasikannya menjadi proyek dengan manfaat salah satunya untuk kelistrikan,” kata Adi.

“Kalau kita lihat tadi manfaatnya banyak sekali, untuk pengairan, pertanian, air baku, dan salah satunya adalah untuk pembangkitan tenaga listrik," tukasnya. (man/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...