APTI Jatim Siap Majukan Petani Tembakau

APTI Jatim Siap Majukan Petani Tembakau Suasana Musda III DPD APTI di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Asosiasi " rel="tag">Petani Tembakau Indonesia () Jawa Timur, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang, Sabtu (10/04/21).

Dalam musyawarah daerah tersebut, Kamudi terpilih sebagai Ketua DPD Jatim. Pada forum tersebut juga dibacakan nama-nama struktur pengurus DPD Jatim. Acara itu juga dihadiri 23 pengurus DPC se-Jawa Timur. Hadir pula perwakilan dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Jatim. Kemudian Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, dan Wabup Sumrambah.

Dikatakan Kamudi, pihaknya siap memajukan petani di Jawa Timur. Namun demikian, ia berharap ada perhatian dari pemerintah terkait nasib petani. Sebab selama ini petani seperti anak kehilangan induknya.

"Duitnya diambil, tapi perhatian pemerintah tida ada. Semisal alokasi dana bagi hasil cukai hasil (DBHCHT) khusus Jatim sebesar Rp 600 miliar. Nah, 15 persen dari jumlah tersebut digunakan untuk peningkatan kapasitas petani," usul petani asal Lamongan ini.

"Jadi ada anggaran Rp 85 miliar untuk peningkatan kualitas petani. Kalau anggaran tersebut digunakan secara maksimal, maka bisa lebih memajukan petani di Jatim. Itu harapan kami dari Jatim," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPN (Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi " rel="tag">Petani Tembakau Indonesia) Soeseno mengatakan, di Jawa Timur masih menjadi primadona. Lantaran Jatim merupakan penyuplai terbesar tingkat nasional.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO