Fokuskan Vaksinasi Pada Pekerja Publik, Pemkot Kediri Sasar Tiga Mall di Kota Kediri

Fokuskan Vaksinasi Pada Pekerja Publik, Pemkot Kediri Sasar Tiga Mall di Kota Kediri Para pekerja publik saat dites tensi darahnya sebelum disuntik vaksin. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah melanjutkan vaksinasi tahap kedua. Pada hari Sabtu (10/04/2021) ini, sasaran vaksinasi untuk pekerja publik di tiga mall yang ada di , yaitu Kediri Mall, Kediri Town Square, dan Ramayana.

Pemberian vaksinasi kali ini sedikit dikebut, mengingat beberapa hari lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan. Apalagi para pekerja mall tiap harinya berinteraksi dengan banyak orang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Alfan Sugiyanto, Sabtu (10/4).

"Vaksinasi kali ini memang kita kejar sebelum Ramadhan. Pertimbangannya karena ketika Ramadhan para tenaga kesehatan kita pasti kurang maksimal dalam melaksanakan vaksinasi. Makanya kemarin kita gerak cepat dengan menghuhungi management dari ketiga mall tersebut," ujar Alfan.

Ia mengungkapkan jumlah pekerja yang diberikan vaksinasi, yakni Kediri Mall ada 550 orang, Kediri Town Square 585 orang, dan Ramayana 128 orang. "Jadi total keseluruhan ada 1.263 pekerja yang diberikan vaksinasi, selesai dalam satu hari dengan tenaga dari 9 puskesmas yang diterjunkan," katanya.

Saat ditanya mengenai kapan pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga dilaksanakan, Alfan belum dapat memastikan. Menurut Alfan, saat ini pihaknya masih fokus untuk melaksanakan vaksinasi tahap kedua untuk lansia dan pekerja publik yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi sehingga sangat rentan terpapar virus Covid-19.

"Untuk vaksinasi masyarakat umum masuk pada tahap ketiga. Setelah ini kita akan memberikan vaksinasi kepada lansia. Kita selesaikan dulu untuk para lansia kurang lebih sekitar 18.000 orang," pungkas Alfan.

Sementara itu di tempat yang sama, Indah Mita Sari salah satu pekerja di Kediri Mall mengatakan dirinya sangat senang menerima vaksinasi ini. "Karena kami setiap hari harus berinteraksi dan bertemu orang yang berbeda-beda. Sehingga rentan terpapar virus Covid-19," kata Indah.

Indah menjelaskan, selama ini dirinya selalu melaksanakan protokol kesehatan saat bekerja untuk agar tak terpapar virus Covid-19. Ia mengakui sempat merasa takut untuk divaksin.

"Tetapi setelah merasakan sendiri vaksinasi ternyata tidak terjadi efek samping apa-apa. Hanya merasakan nyeri pada bagian tubuh yang disuntik yang sering disebut dengan KIPI. Dan saya akhirnya bisa tenang dalam bekerja karena sudah mendapatkan vaksinasi, dengan tanpa menghiraukan protokol kesehatan yang ketat," kata Indah. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO