Terobosan Baru, Tolak Sumbangan, ASC Foundation Hanya Memberi untuk Berbagi

Terobosan Baru, Tolak Sumbangan, ASC Foundation Hanya Memberi untuk Berbagi Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA. foto: MMA/ BANGSAONLINE.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. menegaskan bahwa Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation secara tegas menolak sumbangan dari manapun. “ASC Foundation hanya memberi untuk berbagi, tidak menerima sumbangan dari siapa pun dan dari mana pun, termasuk dari Pemkab Mojoketo,” tegas Kiai Asep Saifuddin Chalim dalam rapat bersama para penggagas dan pendiri ASC Foundation yang dihadiri Bupati Ikfina Fahmawati dan Wakil Bupati Muhammad Al-Barra (Gus Barra) di Guest House Institut KH Abdul Chalim, Ahad (11/4/2021) malam.

Karena itu Kiai Asep tak mau memformalkan ASC Foundation dalam bentuk badan hukum lewat notaris. “Jadi tidak akan berbentuk CV, PT, atau yang lain,” kata Kiai Asep. 

Ini memang terobosan baru. Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet itu tampak trauma dengan lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang dibuat untuk mencari sumbangan kepada pemerintah atau luar negeri.

“Sumber dananya dari mana? Dari saya pribadi. Kebetulan saya bisa berbuat,” kata kiai miliarder tapi dermawan itu. Jadi ASC Foundation ini, tegas Kiai Asep, murni hanya memberi untuk berbagi kepada masyarakat. Karena itu, pengurus ASC Foundation sangat selektif dan tak perlu banyak.

Dr. Sufyanto, Founder The Republic Institute, sepakat ASC Foundation tidak diformalkan. Apalagi, kata alumnus UINSA dan Unair itu, ASC Foundation sudah melakukan aksi nyata di tengah-tengah masyarakat. Seperti memberi fasilitas mobil mewah pengantin secara gratis.

“ASC Foundation sudah diterima baik oleh masyarakat,” kata Sufyanto yang dalam Pilbup dipercaya menangani survei Ikfina-Gus Barra.

Menurut Kiai Asep, ASC Foundation memang menyiapkan empat mobil mewah secara gratis untuk masyarakat yang menikah. “Semua mobil baru. Mercy, Camry, dan Accord,” tutur Kiai Asep sembari mengatakan bahwa BBM dan sopirnya juga gratis.

Kiai Asep juga menegaskan bahwa gerakan ASC Foundation tidak hanya lokal , tapi juga regional Jawa Timur, dan bahkan nasional atau seluruh Indonesia. Karena itu Kiai Asep minta para pengurus ASC Foundation segera turun membantu para korban bencana akibat gempa di Malang.

“Siap kiai. Saya akan koordinasi dulu dengan teman-teman di Lumajang. Saya juga akan ke Tulungagung,” kata Muhammad Santoso yang memimpin rapat ASC Foundation tadi malam.

Rapat pengurus ASC Foundation, kata Kiai Asep, akan terus berlangsung tiap bulan dengan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati serta para pimpinan partai politik. Menurut Kiai Asep, kehadiran bupati dan wakil bupati penting agar bisa mengetahu kondisi riil masyarakat dari para pengurus ASC Fondation yang bergerak di lapangan.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO