Perkuat Layanan Tanpa Padam Guna Jaga Keandalan Sistem, PLN Bentuk Tim PDKB 150-500 kV di Gresik

Perkuat Layanan Tanpa Padam Guna Jaga Keandalan Sistem, PLN Bentuk Tim PDKB 150-500 kV di Gresik Peluncuran Tim PDKB. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM/JBTB) resmi meluncurkan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) pada Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gresik di Gardu Induk Sambikerep Surabaya, Senin (12/4/2021).

Tim PDKB ini memiliki 15 personel di dalamnya yang akan menjaga serta memelihara gardu induk & jaringan transmisi sepanjang 513.19 KMS. Tim PDKB ini merupakan satuan dari petugas khusus yang melaksanakan pekerjaan pemeliharaan listrik tanpa padam pada jaringan transmisi baik tegangan tinggi (TT) maupun tegangan ekstra tinggi (TET) tanpa terjadinya padam.

Sebelumnya, pekerjaan pemeliharaan memerlukan pemadaman di sisi gardu induk, namun dengan pembentukan Tim PDKB ini maka pemadaman dapat dihindari dan pelanggan listrik tegangan tinggi di wilayah kerja UPT Gresik dapat dilayani dengan optimal.

"Tim PDKB ini merupakan tulang punggung dari pemeliharaan tegangan tinggi serta tegangan ekstra tinggi. Dengan adanya Tim PDKB ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan khususnya di wilayah kerja UPT Gresik dari sebelumnya," ujar Executive Vice President Transmisi Eko Yudo Purnomo.

Sejumlah 21 gardu induk dan 757 tower transmisi yang terdapat di Gresik dan sekitarnya, ke depannya akan menjadi tanggung jawab dari dalam pemeliharaan tanpa padam. Salah satu tujuan dari dibentuknya PDKB ini, agar keandalan sistem penyaluran kelistrikan di sisi transmisi tetap terjaga serta meningkatkan mutu pelayanan ke pelanggan.

“Selamat atas terbentuknya Tim PDKB UPT Gresik, semangat dalam menjaga keandalan sistem. Tetap perhatikan keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan. Selain itu, selama masa pandemi ini juga tetap lakukan prokesnya,” ujar Suroso, General Manager UIT JBM/JBTB. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO