Minggu, 09 Mei 2021 08:30

Pastikan Harga Stabil Saat Ramadan-Lebaran, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Pasar di 31 Kecamatan

Selasa, 13 April 2021 14:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Pastikan Harga Stabil Saat Ramadan-Lebaran, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Pasar di 31 Kecamatan
Operasi pasar di salah satu kecamatan Kota Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama Bulan Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar operasi pasar. Hal itu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di pasaran karena sering terjadi kenaikan harga saat Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, pihaknya akan menggelar operasi pasar di 31 kecamatan di Kota Surabaya yang sudah dimulai sejak hari Senin (12/4/2021) di Kecamatan Krembangan dan Kecamatan Semampir.

"Ada dua program untuk menstabilkan harga selama Bulan Suci Ramadan, yaitu operasi pasar di 31 kecamatan dan juga ada sidak pasar yang sudah berjalan hingga saat ini. Setiap kecamatan, biasanya ada dua titik. Namun tak menutup kemungkinan akan ditambah jika ada permintaan dari kecamatan," urai Wiwiek.

Sampai saat ini, sudah ada sekitar 5 kecamatan yang meminta tambahan titik operasi pasar, yakni Kecamatan Tandes, Sukolilo, Wonocolo, Karang Pilang, dan Rungkut. Komoditas yang biasa dijual berbeda-beda setiap titik, disesuaikan dengan data Disdag Surabaya tentang kebutuhan warga di lokasi operasi pasar. Tapi biasanya yang dijual pada saat operasi pasar adalah beras, minyak, gula, telur, bawang putih, bawang merah, ayam, cabai rawit, dan sayuran.

BACA JUGA : 

Pemkot Surabaya Minta Vaksinasi Massal di Grand City Dievaluasi Ulang, Karena Timbulkan Kerumunan

​Besok, Wali Kota Surabaya Resmikan Museum Olahraga, Bakal Dihadiri Mensos Risma

​Kajari Tanjung Perak Isi Materi Hukum dalam Ujicoba PTM di SMPN 1 Surabaya

Pemkot Surabaya Terima Bantuan 700 Paket Sembako

"Harganya sama atau bahkan lebih murah dari pasaran. Kami menjual gula Rp11.800 dan beras setiap kilogramnya hanya Rp9.200, komoditas yang lain juga di bawah harga pasar," imbuh Wiwiek.

Dia memastikan hingga saat ini harga sembako di Kota Surabaya masih stabil semuanya. "Jika ada yang mengatakan bahwa harga daging naik, hal itu sebenarnya tidak demikian. Jadi kalau masuk pasar lalu ketemu dengan harga daging Rp110 ribu, itu berarti daging yang yang sudah bagus, dan itu tidak ada kenaikan selama seminggu atau sebulanan ini," jelasnya.

Dalam setiap operasi pasar, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Sebab, operasi pasar yang dilakukan ini sifatnya mendekatkan kebutuhan warga, sehingga warga tidak perlu ke pasar atau ke toko modern untuk membeli sembako-sembako tersebut.

"Antusiasme warga pasti sangat tinggi, kira-kira mencapai 80 persen, karena kami dekatkan dengan warga, sehingga mereka tidak perlu membeli jauh-jauh kebutuhannya," tandasnya. (dra/zar)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...