Kamis, 13 Mei 2021 14:15

Bangkitkan Potensi Lokal, Pemkot Kediri Gelar Lomba Foto Cerita KIM

Sabtu, 17 April 2021 14:56 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Bangkitkan Potensi Lokal, Pemkot Kediri Gelar Lomba Foto Cerita KIM
Kepala Bidang Tata Kelola Sumber Daya dan Pelayanan Informasi Publik Diskominfo Kota Kediri Dani Budi Pulasto (kiri) dan Prastyo, Wartawan Foto dari LKBN Antara. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat berdampak buruk hampir di semua sektor di berbagai daerah. Sektor pariwisata dan perekonomian juga merasakan dampak yang diakibatkan Covid-19. Diperlukan sinergitas dari pemerintah dan masyarakat untuk membangkitan potensi lokal di tengah pandemi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Kediri mengadakan lomba foto cerita KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang diikuti 46 Kelurahan di Kota Kediri. Lomba digelar sejak Kamis (15/04/2021) hingga Jumat (16/04/2021), di ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

Pemkot Kediri memberikan workshop kepada anggota KIM sebelum lomba resmi dimulai. Ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi peserta bagaimana cara memfoto dan bercerita dengan benar.

Kepala Bidang Tata Kelola Sumber Daya dan Pelayanan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Dani Budi Pulasto dalam sambutanya mengatakan, lomba ini hanya khusus untuk anggota KIM. Karena ke depannya peran KIM akan didorong supaya lebih aktif untuk memberikan edukasi agar tidak ada timbulnya hoax, fitnah, dan SARA yang berkembang di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Siapkan Pekerjaan bagi Istri Salah Satu Pahlawan KRI Nanggala-402

Serahkan Bantuan Si Jamal, ​Wali Kota Kediri Inginkan Anak Janda Bisa Angkat Derajat Keluarganya

Pandemi Belum Usai, Pemkot Kediri Terus Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Isoman Covid-19

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

“Di era digital informasi berkembang dengan cepat dan hampir tidak bisa dicegah. Oleh karena itu, salah satu fungsi KIM ini untuk memberikan edukasi agar tidak ada timbulnya hoax, fitnah, SARA di lingkungan masyarakat. Dan kedepannya fungsi KIM untuk didorong agar lebih aktif lagi,” kata Dani.

Dani berharap KIM bisa bekerja sama dan melibatkan tenaga dari Dinas Kominfo yang ada di kelurahan. Agar arus informasi dari Pemerintah Kota Kediri ke masyarakat dapat disampaikan dengan baik. Karena peran KIM yang menjadi mediator, penyaring, penyampai untuk informasi dari Pemerintah ke masyarakat.

Di akhir sambutannya, Dani mengingatkan agar tetap menjalankan visi dan misi dari KIM walaupun dengan banyaknya informasi hoaks yang berkembang di masyarakat.

“Saya berharap kepada anggota KIM yang hadir saat ini, agar tetap menjalankan visi dan misi dari KIM walaupun banyak informasi hoax yang berkembang di masyarakat,”pungkas dia.

Workshop lomba foto cerita KIM ini menghadirkan Prastyo dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara yang memberikan penjelasan dan edukasi pada anggota KIM. Ia mengedukasi cara agar dapat memberikan informasi pada masyarakat lewat foto dan memberikan pengarahan untuk cara membuat berita yang benar.

Acara workshop ini dibagi menjadi dua hari karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembatasan jumlah peserta di ruangan. Dari 46 anggota KIM dibagi menjadi dua kloter, sehingga hanya 23 anggota yang mengikuti workshop dalam satu hari. (uji/ns)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...