Senin, 14 Juni 2021 09:14

Kasus Nihilnya PADes Pandean, Polres Pasuruan Sebut Ada Kesalahan Administrasi

Selasa, 20 April 2021 15:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kasus Nihilnya PADes Pandean, Polres Pasuruan Sebut Ada Kesalahan Administrasi
Aktivis LSM GMBI dan Anggota Komisi I DPRD saat mendatangi Polres Pasuruan meminta kejelasan penanganan kasus PADes Pandean yang nol rupiah.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dugaan penyelewengan Pendapatan Asli Desa (PADes) oleh Kepala Desa Pandean, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan pada tahun 2019, mulai menemui titik terang.

Polres Pasuruan yang menangani kasus tersebut, menyatakan berdasarkan hasil penyelidikan, tidak ditemukan unsur pidana dalam pengelolaan PAD. Polres Pasuruan menyatakan, nihilnya PADes Pandean lantaran disebabkan adanya kesalahan administrasi.

Hal itu didiketahui setelah sejumlah warga Desa Pandean beserta aktivis LSM GMBI, dan anggota Komisi I DPRD Abu Bakar Kabupaten Pasuruan mendatangi Polres Pasuruan untuk klarifikasi terkait kelajutan penanganan kasus tersebut.

"Kami datang ke sini untuk meminta penjelasan dari kepolisian, proses penyidikan dalam perkara tersebut sudah sampai mana. kami sebagai wakil rakyat ingin mengetahui kejelasan perkara ini, kalaupun hasilnya tidak ada unsur pidana, ada pernyataan yang bisa dipertanggungjawabkan," kaya Abu Bakar, di Mapolres Pasuruan, Senin (19/4/2021).

BACA JUGA : 

Selalu Bahasa Madura, Kiai Nawawi Abdul Jalil Pemegang Teguh Tradisi Pesantren

Kiai Nawawi Abdul Jalil, Pengasuh PP Sidogiri Pasuruan Wafat

Anggaran Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan Membengkak

Diduga Ada Pelanggaran Pada Proses PAW Kades Sekarputih, DPMD: Sudah Sesuai Mekanisme

Terpisah, Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Adrian Wimbarda membenarkan bahwa pihaknya tidak menemukan unsur pidana dalam pemeriksaan perkara tersebut. "Setelah kami tiga kali ekspos dengan pihak inspektorat, hanya kesalahan administrasi, bukan tindak pidana," beber Adrian.

Lanjut Adrian, pihaknya melibatkan Inspektorat Kabupaten Pasuruan dalam menangani kasus ini. Lantaran, sebelumnya telah ada kesepakatan antara kejaksaan, polisi, dan inspektorat. "Jadi ada MoU antara kejaksaan, polisi, dan inspektorat. Kami dari kepolisian tidak bisa langsung melakukan penyelidikan ketika tidak ada unsur pidana. Hasil pemeriksaan inspektorat menemukan ada kesalahan administrasi, maka kasus ini kami kembalikan ke inspektorat," tambahnya.

"Tindakan kepala desa setempat termasuk kesalahan administrasi, yang tertuang dalam UU Nomor 6 Tahun 2014, pasal 30 ayat 1. Kami limpahkan ke inspektorat, karena jatuhnya sanksi administrasi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, nihilnya PADes Pandean pada tahun 2019 memantik kecurigaan sejumlah warga. Mereka khawatir telah terjadi tindak korupsi sehingga menyebabkan PADes Pandean 0 rupiah. Sebab, Desa Pandean tiap tahunnya mendapatkan pemasukan dari pengolahan limbah (afalan) salah satu perusahaan di PIER. (bib/par/rev)

Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim
Minggu, 13 Juni 2021 14:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. K.H. Imam Ghazali Said, M.A. mengungkapkan bahwa upaya menghidupkan sistem pemerintahan khilafah adalah fatamorgana. Tapi Hizbut Tahrir ngotot mau mendirikan khilafah. “Khilafah yang sudah ambruk mau...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...