Kamis, 13 Mei 2021 14:15

​Menteri Perdagangan M Lutfi Lepas Ekspor Furniture ke Amerika Serikat

Selasa, 20 April 2021 20:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Herlambang
​Menteri Perdagangan M Lutfi Lepas Ekspor Furniture ke Amerika Serikat
Mendag Lutfi saat memberangkatkan ekspor furniture didamping Wagub Emil dan Bupati Gus Muhdlor.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Masa pandemi Covid-19 menyebabkan banyak industri sulit mencari pasar dan bahkan banyak yang gulung tikar. Kondisi ini berbeda dengan perusahaan furniture di Kabupaten Sidoarjo, selama masa pandemi justru permintaan meningkat drastis.

Setiap bulan PT. Integra Indocabinet, Tbk mampu mengekspor 1.000 kontainer furniture setiap bulannya. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat. Lebih dari 85 persen hasil produksi furniture merupakan pesanan luar negeri. Rata-rata nilai ekspor dalam satu tahun mencapai Rp 4 triliun lebih.

“Kurang lebih kita mengirim 1.000 kontainer setiap bulannya. Selama pandemi ini permintaan furniture meningkat tajam, khususnya pasar utama kita adalah Amerika Serikat. Nilai ekspor setiap tahunnya sekitar Rp 4 triliunan. Untuk pasar domestik sebelum pandemi pasar kita 20 persen tapi saat pandemi ini pada tiarap semua.” kata Halim Rusli CEO PT. Integra Indocabinet yang berada di Jl. Raya Sedati – Sidoarjo ini.

Untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku kayu, Halim mengaku pasokannya masih aman dan tidak ada kendala.

BACA JUGA : 

Emil Dardak dan Bayu Airlangga Kandidat Kuat Ketua DPD Demokrat Jatim

50 Pemudik Disuruh Putar Balik di Pos Penyekatan Sidoarjo

Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah

Ratusan Buruh Sidoarjo Peringati May Day dengan Vaksinasi Covid-19

Menteri Perdagangan (Mendag) M. Lutfi menilai, keberadaan PT. Integra sangat penting karena termasuk salah satu pabrik penghasil furniture terbesar di Indonesia dengan pasar utamanya adalah luar negeri atau mayoritas hasil produksinya adalah ekspor.

Mendag Lutfi berjanji akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi industri untuk meningkatkan ekspor yang lebih besar lagi. Tidak hanya dipasarkan ke Amerika saja, tapi juga di Negara lain, seperti China pasarnya masih terbuka lebar.

“Ini ada namanya value change, dari sistemnya kita perbaiki supaya harga ongkos melaksanakan bisnis itu bisa lebih murah, lebih mudah, dan lebih baik. Pak Halim akan datang ke Kemendag dan saya akan menujuk satu orang wakil yang bertanggung jawab untuk PT. Integra ini untuk bisa memastikan ekspor lebih besar lagi,” kata Lutfi usai melepas puluhan kontainer ekspor tujuan Amerika Serikat didampingi Wagub Jatim Emil Dardak dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor), Selasa (20/4/2021).

Lutfi juga membantah jika pasokan bahan baku di Indonesia lebih sulit dibanding dengan negara Vietnam. Justru peluang ekspor ke Amerika Serikat semakin terbuka lebar karena kompetitor Indonesia yakni Vietnam yang merupakan salah satu negara pengekspor furnituter terbesar saat ini tengah menghadapi sanksi dari Amerika Serikat.

“Vietnam tengah mendapatkan sanksi dari Amerika karena dinilai mendapatkan bahan baku kayu secara illegal,” kata Lutfi.

Saat ini, Vietnam mendapatkan sanksi, pertama soal impor dan perdagangan kayu ilegal. Kedua, soal manipulasi mata uang yang menyebabkan ruginya perdagangan AS. (cat/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...