Minggu, 13 Juni 2021 14:48

Hari Kartini, Anik Maslachah Sebut Peran Penting Kartini di Era Pandemi

Selasa, 20 April 2021 22:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Hari Kartini, Anik Maslachah Sebut Peran Penting Kartini di Era Pandemi
Anik Maslachah, S.Pd, M.Si, Wakil Ketua DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 menginjak tahun ke-2 melanda dunia, termasuk Indonesia. Di era pandemi ini kita harus beradaptasi dengan keadaan, menjalani perilaku atau tatanan baru.

Di era pandemi ini, kaum perempuan punya peran yang penting. Di antara peran penting itu adalah, perempuan tetap harus menjadi ibu bagi anak-anaknya, meski beraktivitas publik atau berkarir. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah.

"Kita selalu memperingati 21 April sebagai Hari Kartini. Ini peringatan Hari Kartini di tahun ke-2 pandemi Covid-19. Saya kira peran perempuan di era pandemi ini tak kalah penting. Terutama dalam sosialisasi penerapan protokol kesehatan mulai lingkungan keluarga," tuturnya, Selasa (20/4/2021).

Perempuan pertama yang menjadi pimpinan DPRD Jatim pasca reformasi ini mengungkapkan, salah satu kontribusi perempuan dalam membentuk karakter bangsa adalah dengan menyediakan waktu bagi keluarga. Karena sentuhan kasih sayang ibu tidak tergantikan.

BACA JUGA : 

Aklamasi, Yuli Andriyani Ketua DPD FPPI Jatim

49 Tahun Anik Maslachah, Perempuan Pertama yang Menjadi Pimpinan DPRD Jatim di Era Reformasi

DPRD Jatim Minta Penyekatan dan Swab Massal di Suramadu Dilanjutkan Hingga Satu Bulan ke Depan

DPRD Jatim Sesalkan Ada Contoh Pacaran di LKS Madrasah Ibtidaiyah

Menurutnya, ibu menjadi guru pertama dan utama bagi anak-anaknya. Fakta membuktikan banyak keberhasilan anak diawali dari keluarga berkualitas. Kualitas peran bukan diukur dari seberapa banyak waktu yang digunakan bersama keluarga, tapi bagaimana waktu yang ada itu bermanfaat.

"Ibu adalah madrasah pertama bagi anak. Ia menjadi guru pertama dan utama bagi anak. Keberhasilan anak tak lepas dari sentuhan ibu," imbuh Anik.

Penasihat Fraksi PKB DPRD Jatim ini menilai di era modern seperti saat ini perempuan perlu beraktivitas sosial, sehingga memperkaya pengalaman yang bisa bermanfaat dalam pengelolaan hidup yang sehat dan bermartabat.

"Seringkali perempuan yang beraktivitas sosial lebih punya daya tahan ketimbang berfungsi domestik saja," katanya.

Alumni Unesa ini melanjutkan, perempuan juga harus jadi warga terdidik, yang selalu belajar setiap saat. Sehingga ketika aktivitas pendidikan masih daring, seorang ibu bisa menjadi guru bagi putra-putrinya secara terarah.

"Sebab tidak dinafikan akibat belajar di rumah, angka kekerasan pada anak yang dilakukan orang terdekatnya makin kian tinggi. Pun juga kenakalan anak juga makin tak terbendung," imbuhnya.

Ibu dua anak ini mengingatkan, perempuan juga harus berperan sebagai manajer keuangan, saat pandemi yang berdampak pada resesi ekonomi. Karena itu literasi keuangan sangat penting di mana perempuan harus mampu mengatur berdasarkan kebutuhan skala prioritas, agar tetap harmonis dalam keluarga.

"Perempuan juga harus punya literasi kesehatan, karena kesehatan keluarga bermula dari sejauhmana peran ibu merawat kesehatan dirinya dan keluarganya," pungkas Anik. (mdr/ian)

Puluhan Buruh Bengkel Mobil di Pasuruan Demo Tuntut THR Dicairkan
Senin, 07 Juni 2021 21:14 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah buruh bengkel mobil PT Livia Mandiri Sejati atau LMS di Kabupaten Pasuruan melakukan aksi unjuk rasa, Senin (76) pagi tadi. Mereka menuntut uang tunjangan hari raya atau THR segera dicairkan, karena hin...
Minggu, 13 Juni 2021 08:00 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com-Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid, SPt, MM, mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan memfasilitasi kontes betta atau ikan cupang yang akan digelar di Convention Hall SLG.Menurut dia, kontes tersebut jug...
Minggu, 13 Juni 2021 06:18 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Muncul ledakan baru Covid-19 di Indonesia. Yaitu di Kudus Jateng dan Arosbaya Bangkalan Madura. Yang terakhir kasus anggota DPRD Kota Surabaya. Sebanyak 9 “wakil rakyat” tertular Covid-19. Padahal mereka sudah divaksin....
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...