Senin, 10 Mei 2021 03:38

SAKIP Kota Kediri Kembali Peroleh Predikat BB Tahun Ketiga dari KemenPAN-RB

Kamis, 22 April 2021 22:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
SAKIP Kota Kediri Kembali Peroleh Predikat BB Tahun Ketiga dari KemenPAN-RB
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah), didampingi Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, saat mengikuti acara SAKIP-RB Award 2020 secara virtual. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Kota Kediri untuk ketiga kalinya berturut-turut meraih predikat BB atau sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, penghargaan disampaikan secara virtual dalam acara yang bertajuk SAKIP-RB Award 2020 yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (22/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan capaian yang diraih masing-masing lembaga serta pemerintah provinsi maupun daerah.

Menurut MenPANRB, ASN harus mampu mengemban tugas dan tanggung jawab serta melayani masyarakat dengan baik. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga karena kreativitas inovasi dan produktivitas ASN semakin bagus di tengah pandemi Covid-19. Semua tetap terjaga dengan baik. Walaupun ada beberapa yang memang masih memerlukan pembenahan. Semua jajaran ASN harus profesional, melayani masyarakat dengan baik, memberikan perijinan dengan cepat, memangkas birokrasi dengan baik termasuk pengelolaan tata ruang, membangun kolaborasi harus cepat dan bisa diwujudkan dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Kabar Gembira untuk Hafiz Quran, Wali Kota Kediri Siapkan Beasiswa

Wali Kota Kediri Salurkan Zakat Melalui NU Care-LAZISNU

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara mengatakan selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

“Kementerian RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi SAKIP dan RB terhadap 84 kementerian lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 501 kabupaten/kota untuk menilik dan untuk membina instansi pemerintah dalam meningkatkan kualitas implementasi, manajemen kinerja, dan reformasi birokrasi. Kami mengharapkan kolaborasi stakeholder yang semakin kuat untuk mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi di pemerintah daerah,” terangnya.

Ditemui usai mengikuti acara, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan akan terus melakukan perbaikan sehingga predikat A yang ditargetkan bisa terwujud di tahun mendatang.

“Ini tahun ketiga Pemerintah Kota Kediri sudah meraih BB dan ke depan harapan kami bisa meningkat. Kita adakan perbaikan-perbaikan, mana yang kurang diharapkan ke depan bisa naik. Untuk tahun ke depan, harapannya kita targetkan bisa menjadi A,” kata wali kota.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Asisten Administrasi Umum Chevy Ning Suyudi, Kepala Barenlitbang Edi Darmasto, Inspektur Wahyu Kusuma Wardani, dan Kepala Bagian Organisasi Sugiarti. (uji/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...