Rabu, 16 Juni 2021 15:31

Ngabuburit Ekologi, Sinergi Kebijakan Penanganan Menuju Trenggalek Pro Iklim

Minggu, 25 April 2021 22:33 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Herman Subagyo
Ngabuburit Ekologi, Sinergi Kebijakan Penanganan Menuju Trenggalek Pro Iklim
Peta zona pertanian lahan kering di kompleks pegunungan Wilis. Sumber: Kementerian LHK

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin bekerja sama dengan Ketua Umum Pelestari Kawasan Willis Topan Ardi menggelar Ngabuburit Ekologi di ruang Smart Center Pendopo Trenggalek, Minggu (25/4).

Dalam paparannya, Bupati Arifin menyampaikan kegiatan ini digelar menyikapi maraknya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor saat musim penghujan, serta kekeringan dan kebakaran hutan saat musim kemarau.

Menurutnya, dengan topografi wilayah meliputi pegunungan, Pemkab Trenggalek memiliki tanggung jawab yang besar dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan.

“Selama ini, kami berupaya untuk menumbuhkan kesadaran warga, baik memberikan teguran maupun penghargaan kepada desa yang telah menjaga kelestarian lingkungan melalui program Adipura Desa yang pada tahun 2021 ini telah memasuki tahun ketiga,” kata Bupati Arifin.

BACA JUGA : 

Teken MoU, Pemkab dan Kejari Trenggalek Jalin Kerja Sama di Bidang Hukum Perdata dan TUN

Sukseskan Program Jatim Bebas Pasung, Pemkab Trenggalek Bebaskan 12 ODGJ dari Pasungan

MoU dengan 7 Perusahaan, FBKK Wilayah Kerja 3 Jamin Siswa Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja

Resmikan Caffe Pelayanan Publik Pertama, Bupati Arifin Janjikan Bakal Ada di Tiap Kantor Desa

Tahun 2021 ini, Trenggalek juga mencanangkan program Bambo Reforestation, yakni gerakan tanam bambu untuk wilayah hutan kritis, zona tangkapan air, mata air hingga kawasan perlindungan serentak.

Dr. Joko Tri Haryanto, dari Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan bahwa perubahan iklim bukan saja masalah bagi daerah, namun sudah menjadi isu global. Untuk itu, pemerintah pusat dan daerah hendaknya bisa sinergi dalam hal kebijakan program maupun pembiayaan fiskal.

Sementara Ketua Umum Pelestari Kawasan Wilis Topan Ardi mengapresiasi keberanian Bupati Trenggalek untuk menerapkan kebijakan pro iklim.

Menurutnya kebijakan ini akan menjadi payung besar dalam mereduksi kerusakan lingkungan yang kini telah terjadi, mulai dari dampak bisnis tambang, hingga kondisi alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian. (man)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...